Seberapa sering kita menggunakan toilet umum tanpa membersihkannya lebih dahulu?

Kita tidak perlu menjadi seorang germaphobia (ketakutan berlebih terhadap kuman) sehingga gelisah saat akan menggunakan toilet umum.  Penelitian terbaru menunjukkan apa yang banyak masyarakat duga - terdapat banyak bakteri di toilet umum wanita dan laki - laki.

Temuan baru tampak online di PLoS ONE berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gilberto Flores, PhD dari University of Colorado. Penelitian ini dilakukan untuk melihat darimana sumber bakteri terbanyak sehingga dapat dilakukan pencegahan penyakit infeksi yang disebabkan oleh penggunaan toilet umum. Dengan menggunakan alat sekuensing genetik teknologi tinggi, peneliti mengidentifikasi 19 kelompok bakteri dari 12 toilet umum di Colorado - enam toilet pria dan enam toilet perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, strain bakteri yang ada di toilet umum merupakan bakteri yang berasal dari tanah, air, mulut, urin, kotoran dan kulit kita.

Tempat - tempat yang diperiksa diantaranya adalah daun pintu, pegangan pintu, dispenser sabun, dudukan toilet, tombol siram, lantai dan wastafel. Hasil penelitian cukup mengagetkan! Bakteri yang paling banyak ditemukan pada seluruh tempat yang diteliti merupakan strain bakteri yang biasanya ada pada kulit kita. Artinya, tangan kita merupakan sumber infeksi jika kita tidak membersihkannya. Banyak strain bakteri yang diidentifikasi dapat ditularkan dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Misalnya, pada permukaan toilet ditemukan bakteri yang umumnya terkait dengan kotoran manusia.

[caption id="attachment_16287" align="aligncenter" width="493"] Hasil Penelitian oleh Gilberto Flores, PhD dari University of Colorado[/caption]

Bakteri penyebab penyakit kulit seperti Staphylococcus aureus ditemukan pada kran dan perlengkapan lainnya yang biasanya kita sentuh dengan tangan kita. Dan lantai permukaan - yang memiliki paling beragam strain bakteri - terkontaminasi dengan banyak bakteri yang ditemukan di tanah. Selain itu, ada beberapa hasil yang berbeda yang terlihat pada toilet laki-laki dan toilet perempuan. Sebagai contoh, Lactobacillus merupakan bakteri yang ditemukan pada organ intim wanita, jelas lebih sering terlihat di kamar mandi perempuan.