Selain pada wanita dewasa, benjolan pada vagina juga bisa ditemukan pada bayi perempuan yang baru lahir, dikenal dengan Hymenal Tag yang biasanya muncul di bagian belakang lubang vagina. Benjolan ini tidak berbahaya. Hymental Tag terbentuk dari hymen dan labia minora karena pengaruh hormon estrogen dari ibu. Seiring dengan menurunnya kadar esterogen pada bayi, maka Hymental Tag akan hilang dalam beberapa minggu.   Tumor pada vagina sendiri sebenarnya sangat jarang terjadi, dapat dibedakan menjadi tumor jinak ataupun tumor ganas; dan tumor primer yang berasal dari vagina ataupun tumor sekunder yang berasal dari penyebaran tumor di tempat lain seperti cervix atau endometrium. Pada umumnya tumor  vagina tidak menimbulkan gejala sama sekali hingga mencapai ukuran yang cukup besar. Gejala atau tanda yang dapat timbul seperti sensasi tertekan, nyeri saat berhubungan seksual, sumbatan pada vagina atau uretra, atau perdarahan vagina. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin dapat mendeteksi kelainan yang baru muncul pada pasien-pasien yang tidak memiliki gejala.   Pemeriksaan rutin yang dapat dilakukan seperti pemeriksaan pelvis rutin dan Pap Smear. Jika sudah terbentuk tumor maka dapat dilakukan pemeriksaan biopsy jaringan dan colposcopy. Faktor risiko tinggi terkena tumor vagina, antara lain : usia lebih dari 60 tahun, riwayat kanker cervix, riwayat prekanker daerah vervix atau vagina, riwayat ibu menggunakan DES (diethylstilbesterol) selama dalam kandungan, riwayat memiliki penyakit menular seksual seperti HPV (Human Papiloma Virus), vaginal adenosis, dan merokok.     Sumber :

Delmore, J, Glob. libr. women's med.(ISSN: 1756-2228) 2008; DOI 10.3843/GLOWM.10005. Diunduh pada : 11 Mei 2012. Dari : http://www.glowm.com/?p=glowm.cml/section_view&articleid=5.

Bartholin’s cyst. Diperbaharui pada : August 2, 2011. Diunduh pada : 11 Mei 2012. Dari : 3.Bartholin cyst. Diunduh pada : 11 Mei 2012. Dari : 4.  Basic clinical assessment of the Anus and Genitals of the newborn. Diperbaharui pada : 18 Juli 2010. Diunduh pada : 11 Mei 2012. Dari : http://www.articlesbase.com/babies-articles/basic-clinical-assessment-of-the-anus-and-genitals-of-the-newborn-2850231.html.