TUMOR OTAK

Tanda & Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak bervariasi, tergantung pada daerah otak yang terkena. Gejala tumor otak yang biasanya muncul seperti:

  • Sakit kepala yang berat dan terus-menerus
  • Kejang
  • Tidak nafsu makan, muntah, mengantuk
  • Perubahan mental atau perilaku, seperti masalah ingatan atau perubahan kepribadian
  • Kelemahan atau paralisis yang progresif pada salah satu sisi tubuh, masalah penglihatan, masalah berbicara atau pengucapan kata.

Terkadang, Anda mungkin tidak memiliki gejala tumor otak, namun kemungkinan tumor ini muncul dan berkembang secara perlahan-lahan. Berikut adalah penjelasan jenis tumor otak dan gejalanya:

Tumor Otak Primer

1. Glioma

Glioma merupakan suatu kelompok tumor yang berasal dari sel glia, yaitu sel pendukung jaringan dalam sistem saraf pusat. Jika dilihat didalam mikroskop, jaringan tumor glioma dapat dibedakan secara histologis menjadi empat, yaitu: astrositoma, oligodendroglioma, ependymoma, dan choroid plexus papiloma.

2. Glioblastoma multiform (astrositoma derajat IV)

Glioblastoma merupakan tumor yang berasal dari astrosit (sejenis dengan sel glia). Jenis tumor ini menurut epidemiologinya sering muncul pada rentang usia 40-60 tahun. Keluhan dapat berupa sakit kepala, kejang, defisit neurologis, perubahan status mental atau kepribadian.

3. Glioma derajat rendah (astrositoma derajat I dan II)

Glioma derajat rendah merupakan tumor yang berasal dari astrosit (sejenis dengan sel glia) atau sel ependym.

4. Oligodendroglioma

Oligodendroglioma merupakan tumor yang berasal dari oligodendrosit (sejenis sel glia yang melakukan pemeliharaan dan dukungan pada sistem saraf). Oligodendroglioma merupakan tipe tumor yang pertumbuhannya lambat. Gejala yang muncul paling sering adalah kejang.

5. Ependymoma

Ependymoma merupakan tumor yang berasal dari lapisan yang ada di ventrikel otak. Ependymoma dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Gejala yang muncul jika terkena pada ventrikel dalam otak adalah hidosefalus (kepala menjadi lebih besar  dari ukuran normal dan seperti terisi oleh cairan), kelemahan saraf, dan jika terkena di ventrikel tulang belakang, dapat terjadi sindom cauda equina (penekanan dan pembengkakan saraf di tulang belakang).

6. Meningioma

Meningioma merupakan tumor yang berasal dari duramater (selaput yang melapisi otak). Umumnya, meningioma merupakan tumor jinak. Gejala yang dapat timbul seperti sakit kepala, kelemahan dan kejang.

7. Meduloblastoma

Meduloblastoma merupakan tumor yang sering ditemukan di ventrikel keempat pada otak. Tumor ini kejadiannya sering ditemui pada anak, pertumbuhannya cepat. Gejala yang dapat muncul adalah hidrosefalus (kepala menjadi lebih besar  dari ukuran normal dan seperti terisi oleh cairan), sakit kepala, muntah, dapat menyebar melalui cairan serebrospinal (cairan dalam saluran otak) hingga ke sumsum tulang belakang.

8. Schwannoma

Schwannoma merupakan tumor yang berasal dari sel Schwan (sel yang berasal dari akson sistem saraf tepi). Sering muncul pada wanita usia remaja hingga dewasa. Dapat muncul tanpa didahului gejala, atau dengan gejala seperti penurunan pendengaran, gangguan keseimbangan, nyeri atau kesemutan pada daerah wajah.

9. Ganglioglioma

Ganglioglioma merupakan jenis tumor yang jarang ditemui. Tumor ini dapat muncul pada anak maupun usia dewasa muda. Pertumbuhannya lambat, dan gejala yang muncul biasanya adalah kejang.

10. Hemangioblastoma

Hemangioblastoma merupakan tumor yang sangat jarang ditemui. Tumor ini merupakan tumor yang berhubungan dengan penyakit keturunan yang bernama penyakit Hippel-Lindau (terdapat tumor pada retina herediter atau menurun, kista pada pankreas dan tumor pada ginjal).

11. Limfoma primer sistem saraf pusat

Limfoma dapat merupakan tumor primer atau sekunder. Gejala tumor otak jenis ini muncul berupa perubahan mental atau kepribadian, kejang, dan penurunan fungsi saraf lainnya yang terjadi secara cepat.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...