TUMOR OTAK

Penyebab Tumor Otak

Penyebab tumor otak terjadi akibat pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali. Biasanya tumor di dalam otak berasal atau berupa pertumbuhan sel saraf (neuron), sel-sel glial (jaringan penunjang), pembuluh getah bening, pembuluh darah, dan kelenjar.

Penyebab tumor otak yang utama adalah gangguan genetik pada sel otak, yang menyebabkan pertumbuhan sel yang abnormal dan terhindar dari sistem imun secara simultan. Beberapa contoh kanker otak yang berhubungan kuat dengan kejadian herediter (keturunan) adalah Glioma dan Ependymoma yang memiliki kelainan kromosom 17, hemangioblastoma yang memiliki kelainan kromosom 3p25, meningioma yang memiliki kelainan kromosom 22q12. Radiasi pengion yang digunakan untuk terapi juga memiliki hubungan dalam peningkatan resiko kejadian tumor otak seperti meningioma, astrositoma, dan sarkoma sehingga menjadi salah satu penyebab tumor otak.

Metastasis atau penyebaran sel kanker ke otak juga merupakan penyebab terjadinya kanker otak. Penggunaan telepon genggam, gelombang elektromagnetik frekuensi rendah, infeksi spesifik (virus, toxoplasma gondii, dan lainnya), nitrat, aspartam, merokok, alkohol, dan riwayat trauma kepala masih belum dapat dipastikan apakah dapat merupakan faktor risiko terjadinya tumor pada otak.

Tumor otak yang dimulai di otak

Tumor otak primer berasal dari otak itu sendiri atau dalam jaringan dekat dengan itu, seperti membran/selaput otak (meningens), saraf kranial, kelenjar hipofisis atau kelenjar pineal.

Tumor otak primer dimulai ketika sel-sel normal mengalami kesalahan pembelahan (mutasi) dalam gen mereka. Mutasi ini memungkinkan sel untuk bertumbuh, membelah dan terus hidup ketika sel-sel sehat akan mati. Hasilnya adalah massa sel abnormal, yang membentuk tumor.

Tumor otak primer jauh lebih umum terjadi dari pada yang tumor otak sekunder (di mana kanker dimulai di tempat lain dan menyebar ke otak). Terdapat berbagai jenis tumor otak primer. Setiap tumor primer mendapatkan namanya dari jenis sel yang terlibat. Contoh:

Glioma: Tumor ini dimulai di otak atau sumsum tulang belakang, termasuk di antaranya adalah astrositoma, ependymoma, glioblastoma, oligoastrositoma dan oligodendroglioma.

Meningioma: Meningioma adalah tumor yang timbul dari membran yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meningens). Kebanyakan meningioma bukan kanker.

Neuroma akustik (schwannomas): Tumor ini adalah tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran utama dari telinga dalam Anda ke otak Anda.

Adenoma kelenjar hipofisis: Sebagian besar tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis di dasar otak. Tumor ini dapat memengaruhi hormon hipofisis yang berpengaruh ke seluruh tubuh.

Meduloblastoma: Hal ini merupakan kanker otak yang paling umum pada anak-anak. Meduloblastoma dimulai di punggung bawah bagian dari otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang. Kanker ini dapat mengenai orang dewasa walaupun kejadiannya jarang.

PNETs: Tumor neuroektodermal primitif (PNETs) jarang terjadi, tumor dimulai saat embrio (janin). Mereka dapat terjadi di mana saja di otak.

Tumor sel germinal: Tumor sel germinal mungkin berkembang selama masa kanak-kanak di mana testis atau ovarium akan membentuk. Tetapi, kadang-kadang tumor sel germinal pindah ke bagian lain dari tubuh, seperti otak.

Craniopharyngioma: Kejadian tumor ini jarang sekali atau langka. Tumor bukan kanker ini dimulai dekat kelenjar hipofisis otak dan mengeluarkan hormon yang mengontrol banyak fungsi tubuh. Pertumbuhan tumor ini lambat.

Kanker yang dimulai di tempat lain dan menyebar ke otak

Tumor sekunder (metastasis) otak adalah tumor yang dihasilkan dari kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh Anda dan kemudian menyebar (bermetastasis) ke otak Anda.

Tumor otak sekunder yang paling sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat kanker. Namun dalam kasus yang jarang terjadi, tumor otak metastasis mungkin merupakan tanda pertama dari kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh Anda.

Tumor otak sekunder jauh lebih umum daripada tumor otak primer.

Setiap kanker dapat menyebar ke otak, tetapi jenis yang paling umum termasuk:

  • Kanker payudara
  • Kanker usus besar
  • Kanker ginjal
  • Kanker paru-paru
  • Melanoma

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...