TUMOR OTAK

Definisi

Apakah itu Tumor Otak?

Tumor merupakan penyakit yang mengkhawatirkan bagi sebagian besar orang, bahkan beberapa orang menganggap penyakit tersebut adalah hal yang sangat menakutkan. Bisa dibayangkan perasaan sang penderita dan keluarganya ketika dokter mendiagnosis bahwa sang pasien menderita tumor. Apalagi, kalau letak tumor tersebut berada pada organ yang sangat vital bagi kehidupan, yaitu otak.

Setiap tumor otak dapat berakibat serius dan mengancam nyawa, karena sifat tumor yang invasif dan infiltratif dalam ruang terbatas dalam rongga kepala (intrakranial).

Tumor otak adalah pertumbuhan sel pada otak secara abnormal dan tidak terkendali. Tumor otak dapat menjadi kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Tumor otak dikelompokan menjadi tingkat 1 sampai tingkat 4 berdasarkan sifatnya, seberapa cepat pertumbuhannya, dan kemungkinan muncul kembali setelah dilakukan terapi yang adekuat.

  • Tumor otak jinak merupakan kelompok derajat rendah (tingkat 1 atau 2), artinya sel tumor bertumbuh secara lambat dan kemungkinan kecil dapat muncul kembali setelah terapi atau pengobatan.
  • Tumor otak ganas merupakan kelompok derajat tinggi (tingkat 3 atau 4) dan dapat berasal sel otak sendiri (tumor primer/utama) atau didapatkan dari penyebaran sel kanker di organ lain (tumor sekunder); kemungkinan besar dapat muncul kembali setelah terapi atau pengobatan.

Tumor otak meliputi sekitar 85-90% dari seluruh tumor susunan saraf pusat. Insidensi atau kejadiannya berkisar antara 6,6 per 100.000 penduduk per tahun di Amerika Serikat dengan angka mortalitas atau kematiannya berkisar 4,7 per 100.000 penduduk per tahun. Mortalitas atau tingkat kematian terjadi lebih tinggi pada pria.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...