SEMBELIT

Definisi

Pada umumnya sembelit sulit didefinisikan secara tegas karena sebagai suatu keluhan terdapat variasi yang berlainan antara individu. Penggunaan istilah sembelit secara keliru dan belum adanya definisi yang universal menyebabkan lebih kaburnya hal ini. Batasan dari sembelit atau konstipasi klinis yang sesungguhnya adalah ditemukan sejumlah besar feses yang memenuhi rectum pada colok dubur (suatu pemeriksaan fisik dengan memasukkan jari tengah ke dalam dubur), dan atau timbunan feses pada usus besar, anus, atau keduanya yang tampak pada foto polos perut.

Frekuensi BAB bervariasi dari 3 kali per hari sampai 3 kali per minggu. Secara umum, bila 3 hari belum BAB, massa feses akan mengeras dan menjadi penyebab sembelit hingga menyebabkan kesulitan dalam BAB sampai rasa sakit saat BAB. Sembelit sering diartikan sebagai kurangnya frekuensi BAB, biasanya kurang dari 3 kali per minggu dengan feses yang kecil-kecil dan keras serta kadangkala disertai kesulitan sampai rasa sakit saat BAB. Orang usia lanjut sering kali berurusan dengan kebiasaan BAB.

Hal ini mungkin merupakan kelanjutan dari pola hidup anak-anak dan saat masih muda, dimana setiap usaha dikerahkan untuk BAB setiap hari, bahkan sampai menggunakan obat-obatan pencahar. Ada anggapan umum yang salah bahwa kotoran yang tertimbun dalam usus besar akan diserap lagi sehingga berbahaya bagi kesehatan dan dapat memperpendek usia. Ada pula yang mengkhawatirkan keracunan dari fesesnya sendiri bila dalam jangka waktu tertentu tidak dikeluarkan. Hal tersebut dapat berujung komplikasi sembelit.

Suatu batasan dari sembelit diusulkan oleh Holson meliputi paling tidak 2 dari gejala sembelit di bawah ini dan terjadi dalam waktu 3 bulan yaitu:

  1. Konsistensi feses yang keras
  2. Mengejan dengan keras saat BAB
  3. Rasa tidak tuntas saat BAB meliputi 25% dari keseluruhan BAB
  4. Frekuensi BAB 2 kali seminggu atau kurang

Sekitar 80% manusia pernah menderita sembelit dalam hidupnya dan sembelit yang berlangsung singkat masih dianggap normal. Menurut National Health Interview Survey pada tahun 1991, sekitar 4,5 juta penduduk Amerika mengeluh menderita sembelit terutama anak-anak, perempuan, dan orang berusia 65 tahun ke atas. Hal ini menyebabkan kunjungan ke dokter sebanyak 2,5 juta kali/tahun dan menghabiskan dana sekitar 725 juta dolar untuk obat-obatan pencahar.

Sembelit merupakan keluhan saluran cerna yang terbanyak pada usia lanjut. Bentuk pencegahan sembelit yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan latihan usus besar. Terjadi peningkatan keluhan ini dengan bertambahnya usia. 30-40% orang berusia di atas 65 tahun mengeluh konstipasi. Di Inggris, 30% penduduk berusia di atas 60 tahun merupakan konsumen yang teratur menggunakan obat pencahar sebagai bentuk pengobatan sembelit. Di Australia, sekitar 20% dari populasi berusia di atas 65 tahun mengeluh mengalami sembelit dan terjadi lebih banyak pada perempuan dibandingkan laki-laki. Suatu penelitian yang melibatkan 3000 orang berusia di atas 65 tahun menunjukan sekitar 34% perempuan dan 26% pria mengalami sembelit.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...