SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah

Penyebab sakit punggung bagian bawah sesungguhnya adalah pengaruh mekanik. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya adalah akibat spondilolisis, sebuah istilah yang merujuk kepada terjadinya kerusakan pada sendi, bantalan sendi, maupun tulang belakang akibat pemakaian normal seiring dengan bertambahnya usia. Terdapat berbagai macam penyebab sakit punggung secara mekanik, antara lain:

  1. Sprain dan Strain

Keduanya merupakan penyebab sakit punggung bagian bawah akut yang paling sering dialami. Sprain atau terkilir terjadi akibat peregangan berlebih hingga ligamen terputus. Sedangkan, strain merupakan robeknya otot atau tendon sebagian atau seluruhnya. Keduanya dapat terjadi akibat gerakan memutar atau mengangkat barang dengan posisi yang salah atau barang yang diangkat terlalu berat.

  1. Penuaan bantalan sendi antar tulang belakang

Penyebab sakit punggung bagian bawah yang ini apabila dalam keadaan normal, bantalan sendi antar tulang belakang memungkinkan adanya regangan dan sedikit elastisitas pada tulang belakang. Namun, seiring dengan terjadinya penuaan, fungsi ini pun menurun.

  1. Bantalan sendi tulang belakang yang menonjol hingga pecah

Gangguan bantalan sendi antar tulang belakang dapat terjadi akibat kompresi atau tekanan. Kompresi menyebabkan ujung saraf yang tadinya terlindung di antara bantalan sendi mungkin akan terluka atau bahkan terjepit sehingga sering didengar istilah “saraf kejepit” yang akan menimbulkan sakit hebat. Waspadai komplikasi sakit punggung bagian bawah yang dapat terjadi jika tidak ada pencegahan sakit punggung yang dilakukan.

  1. Spondilolitesis

Spondilolitesis merupakan kondisi di mana tulang belakang di daerah pinggang bawah bergeser dari tempat seharusnya sehingga mengakibatkan jepitan pada saraf.

  1. Trauma tulang belakang

Apabila terdapat trauma yang mengenai tulang belakang (misalnya pada kecelakaan olahraga, kecelakaan mobil, atau terjatuh), maka dapat terjadi perlukaan pada tendon, ligamen, atau otot yang dapat menyebabkan perubahan struktur dan berakhir pada sakit punggung.

  1. Ketidakteraturan kerangka tubuh

Ketidakteraturan kerangka tubuh (skoliosis, lordosis, maupun kifosis) dapat memengaruhi jarak antar tulang belakang. Kelainan bentuk rangka ini tidak akan menyebabkan sakit sebelum adanya jepitan saraf yang melewati antara tulang–tulang tersebut.

Selain penyebab mekanik, terdapat juga beberapa kondisi penyakit serius dengan gejala sakit punggung bagian bawah sebagai berikut:

  1. Infeksi

Infeksi bukan merupakan penyebab lazim terjadinya sakit punggung belakang. Namun, bila infeksi mengenai tulang belakang, maka dapat terjadi peradangan yang mengakibatkan sakit.

  1. Tumor

Pada tumor, mekanisme terjadinya sakit punggung bawah dapat melalui tekanan sehingga saraf terjepit atau penyebaran tumor ke tulang yang akan menyebabkan kerusakan pada tulang yang berujung pada sakit.

  1. Sindroma kauda ekuina

Sindroma kauda ekuina merupakan kejadian serius yang sangat jarang terjadi. Sindrom ini merupakan komplikasi dari pecahnya bantalan sendi, di mana terdapat bagian pecahan yang masuk, terdorong ke jalur yang dilewati sistem saraf dan menekan saraf tersebut. Selain menyebabkan sakit punggung bawah, dapat terjadi juga kehilangan kontrol buang air kecil dan buang air besar.

  1. Aneurisma aorta abdominalis

Aorta abdominalis merupakan pembuluh darah yang menyuplai darah ke perut, panggul, hingga kaki. Bila terjadi aneurisma (pembesaran di dinding pembuluh darah), maka sakit punggung bawah merupakan salah satu tanda aneurisma sudah membesar dan memerlukan evaluasi lebih lanjut.

  1. Batu ginjal

sakit punggung bawah akibat batu ginjal biasanya hanya sebelah, tidak bersamaan. sakit yang muncul akan terasa tajam, dan sering kali hilang timbul.

Selain itu, peradangan sendi, patah tulang, dan endometriosis juga dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah sehingga diperlukan pengobatan sakit punggung bagian bawah yang tepat.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...