SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

Pengobatan Sakit Punggung Bagian Bawah

Pengobatan sakit punggung bagian bawah pada dasarnya bergantung dari tipe sakit tersebut, yakni akut atau kronis. Secara umum, tindakan operasi hanya dianjurkan apabila terdapat bukti perburukan kerusakan saraf atau terdapat perubahan struktur tulang belakang yang dapat diperbaiki dengan tindakan operasi.

Tatalaksana konvensional yang dapat dilakukan untuk pengobatan sakit punggung bagian bawah adalah sebagai berikut:

  • Kompres dingin atau panas

Kompres tidak terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penyembuhan luka. Namun, kompres terbukti mengurangi peradangan dan pada beberapa orang, memungkinkan pergerakan punggung yang lebih baik.

  • Olahraga penguatan otot

Terapi ini tidak disarankan untuk sakit punggung bawah akut. Namun, olahraga penguatan otot pada sakit punggung bawah kronik terbukti mempercepat penyembuhan. Penguatan otot sekitar punggung dapat membantu mengurangi sakit dan perbaikan postur pada orang dengan kelainan bentuk tulang belakang.

  • Aktivitas dan latihan fisik

Seseorang dengan sakit punggung bawah perlu melakukan aktivitas dan peregangan otot secara rutin. Latihan fisik akan meningkatkan kelenturan dan mengurangi sakit akibat spasme (kaku) otot.

  • Konsumsi obat

Pengobatan sakit punggung bagian bawah dengan mengkonsumsi obat sebenarnya ditujukan untuk mengurangi sakit dan mengurangi peradangan yang terjadi. Sebagian besar obat pengurang sakit dapat dibeli di apotek secara bebas. Namun, pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis yang mengerti tentang interaksi obat dan jangka waktu konsumsi obat yang aman untuk lambung. Sebagian besar obat antisakit memiliki efek samping pada lambung dan memungkinkan terjadinya sakit ulu hati hingga perdarahan saluran cerna. Obat yang dapat digunakan mulai dari golongan analgesik, obat antisakit non-steroid, antikejang, obat antidepresan, balsam, atau obat gosok lain. Bila sakit menetap, maka dapat dilakukan suntikan antisakit ke celah antar tulang belakang untuk mengatasi sakit secara langsung.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...