SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

Pencegahan Sakit Punggung Bagian Bawah

Banyak bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah yang dapat Anda lakukan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kelenturan tulang belakang. Jangan lupa lakukan peregangan setelah berolahraga sebagai bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah.
  • Jangan membungkuk atau terlalu membusung hingga menimbulkan lengkungan pada punggung. Tulang belakang dapat menyokong berat tubuh seseorang dengan mudah bila kurvaturanya dikurangi. Saat berdiri, pastikan berat badan terbagi di kedua kaki, jangan bertumpu pada satu kaki. Jika dilakukan sebaliknya, hal tersebut akan menjadi penyebab sakit punggung bagian bawah.
  • Pastikan tinggi meja kerja senyaman mungkin. Gejala sakit punggung bagian bawah akan terasa jika Anda membiasakan bekerja dengan tinggi meja yang kurang nyaman. Jika hal tersebut terjadi pengobatan sakit punggung bagian bawah harus segera dilakukan untuk mencegah komplikasi sakit punggung bagian bawah.
  • Duduk di kursi dengan dukungan punggung yang baik. Jangan duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama. Sesekali, berjalanlah keliling untuk meregangkan otot-otot.
  • Gunakan sepatu dengan hak rendah yang nyaman untuk mengurangi risiko komplikasi sehingga pengobatan sakit punggung bagian bawah hanya berupa bentuk pencegahan.
  • Tidurlah dengan posisi fetus (menghadap samping, kaki sedikit ditekuk ke arah perut) untuk mendapat posisi yang lebih rileks. Tidurlah dengan alas yang datar dan keras.
  • Jangan mencoba mengangkat benda yang terlalu berat. Salah satu bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah adalah dengan menyesuaikan kemampuan badan saat berniat mengangkat beban yang berat. Bila Anda hendak melakukan pengangkatan, maka mulailah dengan posisi berjongkok, bukan membungkuk. Posisi ini akan memastikan tulang belakang berada pada posisi yang benar dan tidak memusatkan berat pada satu titik yang akan menyebabkan sakit pada bagian penumpu tersebut. Pastikan jarak antara kedua kaki minimal selebar bahu untuk persebaran berat yang lebih merata. Berdiri sedekat mungkin dengan objek yang akan diangkat, lalu jongkoklah, jangan membungkuk. Jangan meliuk ke kanan atau kiri saat sedang mengangkat benda.
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tidak berlebihan untuk menjaga berat badan. Konsumsi vitamin D dapat membantu pertumbuhan tulang. Pencegahan sakit punggung ini memang sudah terkenal efektif dan mudah untuk dijalankan.
  • Merokok dapat mengurangi suplai darah ke tulang belakang bagian bawah yang akan mempercepat penuaan bantalan sendi. Selain itu, merokok dapat mempercepat terjadinya osteoporosis. Batuk akibat terlalu banyak merokok juga dapat menyebabkan sakit punggung bawah. Oleh karena itu, hindari merokok. Berhenti merokok sekarang juga sebagai bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah.
  • Kenali gejala sakit punggung bagian bawah yang telah dibahas di sini, untuk menghindari komplikasi sakit punggung yang dapat terjadi jika pengobatan sakit punggung tersebut tidak dilakukan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...