SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

Komplikasi Sakit Punggung Bagian Bawah

Bagaimana dengan komplikasi sakit punggung bagian bawah yang mungkin terjadi bila seseorang mengalami sakit punggung bawah? Jawabannya tentu saja bergantung dari penyebab yang mendasari terjadinya sakit punggung bawah tersebut. Bila sakit punggung bawah disebabkan oleh strain atau sprain saja, biasanya tidak akan terjadi perburukan yang bermakna. Bila penyebab sakit punggung bagian bawah adalah karena adanya penekanan pada saraf yang mengatur kontraksi otot, maka dapat terjadi kelemahan tungkai, ketidakmampuan menahan buang air kecil dan buang air besar. Bila sakit punggung bawah merupakan salah satu gejala dari adanya kanker, maka komplikasi akan sangat berhubungan dengan adekuat atau tidaknya tatalaksana kanker tersebut. Selain komplikasi sakit punggung bagian bawah secara medis, komplikasi dari sudut ekonomi dan kualitas hidup juga dapat ditemui pada kasus sakit punggang bawah. sakit punggung bawah yang berat akan menurunkan produktivitas kerja dan tentu akan berakibat ke berkurangnya pendapatan finansial. Selain itu, sakit jangka panjang akan menurunkan kualitas hidup karena membatasi aktivitas sehari-hari.

Segera lakukan bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah yang telah dibahas di artikel ini untuk terhindar dari komplikasi sakit punggung. Dan apabila sudah merasakan sakit punggung yang hebat, segera lakukan pengobatan sakit punggung bagian bawah yang dapat dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter terkait sakit tersebut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...