SAKIT PUNGGUNG BAGIAN BAWAH

Definisi

Low back pain atau sakit punggung bagian bawah menyerang lebih dari 80% populasi usia dewasa di dunia. Bila Anda adalah salah satu orang dengan sakit punggung bagian bawah, tenang, Anda tidak sendiri. Jenis penyakit ini adalah sensasi rasa sakit yang dirasakan di punggung bagian bawah. Selain sakit, istilah ini juga dapat menggambarkan kekakuan dan kesulitan menggerakan punggung, serta membentuk postur tubuh yang benar. Yang dimaksud dengan punggung bagian bawah secara anatomis adalah daerah dari tulang lumbal 1 hingga lumbal 5, yang dengan mudah kita identifikasi sebagai daerah pinggang ke bawah. Sakit dapat muncul tiba–tiba saat mengangkat benda dengan posisi yang salah atau sakit yang meningkat seiring dengan bertambahnya waktu. Biasanya, sakit punggung bawah hanya berdurasi singkat, mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam lalu berkurang dengan sendirinya setelah periode sakit selesai. sakit yang bertahan selama lebih dari 12 minggu dapat disebut sebagai sakit punggung kronik. Penyebab sakit punggung bagian bawah sesungguhnya adalah pengaruh mekanik, dan telah dikupas secara mendalam di sini.

Sering kali, sakit punggung bagian bawah ini disalahartikan sebagai penyakit rematik atau penanda bahwa asam urat dan kolesterol yang tinggi. Perlu diperjelas bahwa pada jenis ini, umumnya tidak terdapat tanda-tanda peradangan di permukaan kulit. Lalu secara definisi, penyakit rematik atau artritis reumatoid menyerang sendi-sendi kecil pada tungkai dan gejala yang dominan adalah kekakuan di pagi hari yang akan menghilang segera setelah sendi-sendi mulai digunakan. Sedangkan, low back pain ini terjadi pada sendi-sendi tulang belakang. Kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi, sesungguhnya tidak memiliki gejala klinis yang spesifik. Kecuali pada artritis gout, terjadi peradangan sendi (biasanya di jari kaki, umumnya pada salah satu kaki saja, sakit yang muncul disertai pembengkakan, kemerahan, serta teraba hangat di daerah yang sakit) akibat adanya kristal urat di cairan sendi yang memicu reaksi radang di daerah sendi tersebut.

Agar tidak keliru, kenali gejala sakit punggung bagian bawah yang timbul, seperti kesemutan, pegal-pegal, dan beberapa yang sudah dibahas di sini. Dengan mengenali gejalanya, bentuk pencegahan sakit punggung bagian bawah dapat dilakukan. Hal ini tentunya dapat mencegah komplikasi sakit punggung bagian bawah. Lakukan pengobatan sakit punggung bagian bawah jika sudah terasa gejalanya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...