RADANG AMANDEL

Tanda & Gejala Radang Amandel

Selain sakit tenggorokan, gejala radang amandel berupa sakit tenggorokan, nyeri saat menelan (odinofagia), sulit menelan (disfagia), demam, sakit kepala,dan beberapa gejala radang amandel lainnya ini:

  • Sakit kepala
  • Nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Batuk
  • Suara serak
  • Pilek
  • Kemerahan pada tonsil dan tenggorok
  • Nyeri pada kelenjar di leher
  • Bercak putih pada tonsil
  • Mata merah
  • Nyeri telinga (disebabkan oleh serabut sel saraf yang menjalar hingga bagian belakang tenggorok maupun telinga)
  • Obstruksi jalan napas dapat bermanifestasi berupa pernapasan melalui mulut, mendengkur, gangguan pernapasan saat tidur, terhentinya napas pada malam hari sementara, atau gagal napas saat tidur (sleep apneu)

Gejala radang amandel biasanya menghilang dalam 3-4 hari namun dapat bertahan hingga 2 minggu meskipun telah diberikan terapi yang adekuat. Meskipun gejala radang amandel yang terjadi pada radang amandel virus dan bakteri serupa, terdapat beberapa perbedaan pada gejala yang terjadi pada penyebab radang amandel akibat virus dan bakteri. Pada tonsilitis virus, gejala paling menonjol yang terjadi adalah nyeri, demam, batuk, suara serak, dan pilek. Sedangkan gejala radang amandel akibat bakteri yang paling menonjol adalah nyeri, pembengkakan nodus limfatikus (kelenjar getah bening, tersering: leher), dan demam lebih dari 38,5 derajat C.

Suatu hal yang langka adalah apabila infeksi yang terjadi pada tonsil menyebar hingga ke vena jugularis interna yang dapat menyebabkan infeksi umum yang menyebar (infeksi pada sel darah) yang disebut dengan Lemierre’s syndrome. Hal ini merupakan komplikasi radang amandel yang dapat membahayakan. Seseorang dengan infectious mononucleosis (berkaitan dengan infeksi EBV dan cytomegalovirus) memiliki gejala seperti nyeri tenggorok, demam, rasa lemas yang berlebihan, pembesaran kelenjar getah bening masif (sangat besar), pembesaran hati, dan munculnya limfosit atipikal pada darah perifer.

Pada radang amandel yang disebabkan oleh difteri, terbentuk suatu membran yang meliputi tonsil hingga ke laring, langit-langit, dan faring. Tepi dari membran sangat terlihat jelas dan membran bersifat menempel dengan jaringan di bawahnya. Pada anak, radang amandel yang kronis sering kali didiagnosis ketika terdapat gejala berupa nyeri tenggorokan paling tidak selama 3 bulan yang disertai dengan peradangan pada tonsil. Pengobatan radang amandel pun penting dilakukan jika sudah mencapai tahap kronis. Tapi yang lebih baik lagi adalah melakukan pencegahan radang amandel.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...