RADANG AMANDEL

Komplikasi Radang Amandel

Sebagian besar kasus tonsilitis sembuh dengan sendirinya selama 7 hingga 10 hari. Namun, beberapa orang dapat mengalami komplikasi radang amandel berupa artritis reumatoid dengan penyebab radang amandel akibat bakteri.

Komplikasi radang amandel dapat terjadi akibat pengobatan radang amandel yang tidak diobati atau diobati namuun tidak sempurna. Hal ini menyebabkan komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa. Infeksi orofaring akut menjadi salah satu komplikasi radang amandel yang dapat menyebar ke arah leher bagian dalam lalu ke bagian dada. Komplikasi tersebut membutuhkan thoracotomy (pembedahan pada dinding toraks/dada). Penyebaran yang melewati faring diduga terjadi pada seseorang yang memiliki gejala berupa demam tinggi, letargi (tingkat kesadaran menurun, tidak bersemangat), kaku pada sekitar dagu, atau pernapasan pendek.

Komplikasi radang amandel yang tersering adalah penyebaran ke sekitar dinding tonsil. Selulitis peritonsil (sekitar tonsil) dapat terjadi saat proses peradangan menyebar hingga ke membran limfoid dari tonsil yang melibatkan mukosa orofaring. Abses (nanah) peritonsil (sekitar tonsil), sering disebut sebagai quinsy, disebabkan oleh nanah yang terjebak diantara kapsul tonsil dan dinding samping faring. Pengobatan yang diberikan antara lain antibiotik suntikan, pembersihan secara bedah, dan imunoglobulin suntikan pada kasus yang terkait dengan sindrom syok toksik. Sebelum diberikan terapi berupa pembedahan, pasien juga perlu diberikan terapi berupa steroid dosis tinggi, dan juga penisilin dan metronidazol, karena sering kali tonsilitis disebabkan karena infeksi campuran.

Selain itu, komplikasi radang amandel lainnya yang dapat terjadi adalah glomerulonefritis (radang pada sel ginjal) dan demam rematik (memicu terjadinya kelainan pada sel otot jantung dan nyeri pada sendi yang menyerupai rematik). Penggunaan antibiotik dini selama 10 hari penisilin atau sefalosporin dapat mencegah terjadinya komplikasi tersebut hingga 70%.

Proses pembedahan tonsil yang dilakukan pada mukosa yang sangat sensitif dan otot di bawahnya merupakan suatu teknik yang menyakitkan, terutama apabila kapsul tonsil robek dan otot terpapar keluar. Nyeri dan infeksi berat dari bekas operasi dapat menyebabkan proses penyembuhan yang memanjang dan semakin lamanya rawat inap di rumah sakit. Pasien remaja dan dewasa yang menjalani proses operasi tonsil masih melaporkan adanya nyeri dan rasa lelah yang berlebihan hingga berminggu-minggu setelah operasi. Hal ini dikarenakan infeksi tempat pembedahan yang disertai dengan peradangan pada sel saraf.

Selain nyeri setelah operasi, perdarahan setelah operasi juga dapat terjadi. Perdarahan setelah operasi dapat terjadi hingga luka benar-benar sembuh, meskipun telah dilakukan pembedahan yang sangat hati-hati sekalipun. Hal ini biasanya sering terjadi lebih dari 2-3 minggu setelah operasi. Perdarahan setelah operasi ini dapat terjadi dalam 24 jam pertama hingga hari ke-8 setelah operasi. Apabila hal ini masih berlanjut hingga waktu yang lama, maka perlu dilakukan penjahitan pembuluh darah di mana diperlukan anestesi dalam proses pembedahan ulang tersebut.

Yang terpenting adalah untuk meningkatkan kesadaran dengan melakukan bentuk pencegahan radang amandel dengan cara yang paling mudah, yaitu mencuci tangan untuk memperkecil penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit ini. Dan juga dengan mengetahui gejala radang amandel untuk pengobatan yang lebih tepat dan terarah.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...