RADANG AMANDEL

Definisi

Radang amandel atau tonsilitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada tonsil atau amandel, yaitu sepasang membran halus yang terletak pada kedua sisi dari tenggorokan. Amandel dan adenoid merupakan bagian dari jaringan limfoid/getah bening yang mengelilingi faring yang dikenal dengan cincin Waldeyer. Cincin Waldeyer terdiri dari jaringan getah bening pada dasar lidah, dua amandel langit-langit, adenoid, dan jaringan getah bening pada dinding belakang faring. Cincin Waldeyer berkembang seiring masa kanak-kanak hingga usia 11 tahun dan setelah itu mengecil secara spontan.

Amandel berbeda dengan uvula. Uvula adalah suatu membran berbentuk kerucut yang menggantung dari atap mulut ke bawah. Amandel merupakan bagian dari sistem imun pada tubuh manusia, yang membantu tubuh kita melawan infeksi. Karena amandel merupakan bagian dari sistem imun pada tubuh manusia, amandel memiliki kandungan berupa sel limfosit T, makrofag, dan limfosit B.

Membran cincin Waldeyer bekerja sebagai pelindung dari infeksi dan memainkan peran penting dalam perkembangan sistem imunitas. Amandel dan adenoid memiliki 4 bagian limfoid, di mana keempatnya memiliki bagian dalam respon imun. Perkembangan sel B merupakan fungsi yang paling utama. Gangguan utama pada amandel dan adenoid adalah infeksi dan hiperplasia (pembesaran). Neoplasma (keganasan) pada amandel dan adenoid pada anak merupakan kejadian yang sangat langka terjadi.

Peradangan pada amandel menyebabkan terjadinya sakit tenggorokan. Penyebab radang amandel adalah virus atau bakteri. Kebanyakan kasus ini sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa pengobatan radang amandel. Pengobatan yang tepat dapat membantu komplikasi radang amandel.

Radang amandel paling sering terjadi pada anak-anak. Namun, kondisi ini jarang terjadi pada anak-anak berusia kurang dari 2 tahun. Radang amandel yang disebabkan oleh Streptococcus sp. terjadi pada anak berusia 5 hingga 15 tahun. Sedangkan, virus radang amandel lebih sering terjadi pada anak yang lebih kecil. Pada suatu penelitian, radang tonsil rekuren (kambuh) dilaporkan terjadi pada 11,7% populasi anak di Norwegia dan diperkirakan terjadi pada 12,1% populasi anak di Turki.

Meskipun dapat terjadi pada dewasa dan anak-anak, radang amandel lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada dewasa. Amandel diketahui sebagai target replikasi adenovirus di mana adenovirus tersebut adalah penyebab tersering dari nyeri tenggorokan pada bayi dan anak kecil. Ketahui gejala radang amandel untuk mengetahui bentuk pencegahan radang amandel yang dapat dilakukan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...