PENYAKIT KUNING (IKTERUS)

Definisi

Penyakit kuning atau Ikterus memiliki istilah awam “sakit kuning” yang didefinisikan sebagai menguningnya kulit, lapisan mukosa, dan bagian putih mata yang disebabkan oleh peningkatan jumlah bilirubin di dalam darah. Ikterus merupakan suatu tanda adanya proses penyakit, yang dapat kasat mata dilihat baik oleh orang awam maupun medis. Ikterus atau penyakit kuning ini biasanya akan terlihat jelas bila jumlah bilirubin dalam darah mencapai 2,5-3 mg/dL.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ikterus atau penyebab penyakit kuning ini, ketahui terlebih dahulu tentang bilirubin, di mana dan bagaimana pembentukannya, metabolisme, pemecahan serta pembuangan bilirubin tersebut.

Bilirubin dibentuk dari pemecahan hemoglobin pada sel darah merah. Sebanyak 80% pembentukan bilirubin terjadi di hati dan di limpa, sisanya dibentuk dari protein mioglobin. Bilirubin yang terbentuk ini disebut bilirubin tak terkonjugasi atau “bilirubin indirek.” Bilirubin indirek ini masuk sirkulasi dalam darah, tidak tersaring oleh ginjal dan diambil oleh hati. Bilirubin indirek ini diolah oleh hati dengan enzim uridine diphosphate glucuronyltransferase (UDPGT) menjadi bilirubin terkonjugasi atau bilirubin direk. Bilirubin direk ini akan dikeluarkan bersama empedu ke dalam duodenum atau usus dua belas jari, kemudian diolah oleh bakteri usus menjadi urobilinogen dan selanjutnya menjadi sterkobilin. Sterkobilin inilah yang memberi warna kecoklatan pada kotoran kita.

Sebagian urobilinogen akan diserap kembali ke organ hati, dan dikeluarkan kembali ke duodenum. Pada kondisi normal, hanya sebagian urobilinogen ini melewati hati dan dikeluarkan bersama urin (0-0,2 mg/dL).

Pada kondisi di mana bilirubin meningkat (hiperbilirubinemia), akan terbentuk bilirubin direk yang tinggi. Bilirubin direk ini masuk ke dalam urin sehingga menimbulkan warna pekat seperti teh.

Kadar normal bilirubin dalam darah adalah sebagai berikut:

– Total bilirubin 0,2-1,0 mg/dL

– Bilirubin direk/bilirubin terkonjugasi 0,1-0,3 mg/dL

– Bilirubin indirek/bilirubin takterkonjugasi 0,2-0,8 mg/dL

Ikterus atau penyakit kuning dapat terjadi pada orang dewasa dengan gangguan hati dan kandung empedu, ataupun pada bayi baru lahir. Ikterus yang terjadi pada bayi baru lahir disebut ikterus neonatorum. Kondisi ini bisa terjadi secara normal (fisiologis) atau ada penyakit yang mendasari (patologis).

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...