MENINGITIS

Tanda & Gejala Meningitis

Jika berbicara tentang gejala meningitis, hanya sekitar 44% dari populasi dewasa dengan meningitis bakteri yang menunjukkan gejala klasik. Tiga gejala klasik dari meningitis bakteri adalah demam, sakit kepala, dan kaku kuduk. Gejala meningitis ini dapat berkembang dalam beberapa jam atau lebih dari dua hari. Gejala lainnya dapat berupa mual, muntah, tidak nyaman dengan paparan cahaya, mengantuk, bingung, dan penurunan kesadaran.

Seseorang dengan meningitis virus memiliki riwayat gejala umum sebelumnya seperti nyeri otot, kelelahan, atau tidak nafsu makan. Jika penyebab meningitis adalah virus campak, biasanya terdapat tiga gejala demam, muntah dan sakit kepala. Kondisi ini mengikuti onset dari peradangan kelenjar air liur, kelenjar tersebut membesar pada 50% pasien, secara klinis membaik dalam 7-10 hari.

Pada saat meningitis bakteri sedang berlangsung, kejang dapat mungkin terjadi (30% pada dewasa dan anak; 40% pada bayi baru lahir dan bayi). Pada penderita yang sebelumnya sedang mengkonsumsi antibiotik, kejang dapat merupakan gejala tunggal, demam dan perubahan kesadaran jarang terjadi.

Sekitar 25% dari pasien mengalami meningitis bakteri secara akut, dalam 24 jam dari timbulnya gejala meningitis. Bila pasien sedang mendapatkan antibiotik untuk infeksi yang lain, maka gejala dari meningitis dapat timbul lebih lambat.

Sinusitis atau radang telinga dapat menjadi predisposisi meningitis akibat S. pneumoniae. Pada pasien infeksi meningitis bakteri subakut dan meningitis virus dengan keterlibatan saraf, gejala meningitis berkembang satu hingga tujuh hari. Gejala kronis yang muncul lebih dari satu minggu dicurigai meningitis disebabkan oleh virus tertentu atau oleh bakteri tuberkulosis, sifilis, jamur, atau keganasan.

Riwayat kesehatan yang perlu diperhatikan adalah faktor risiko komplikasi meningitis, paparan terhadap pasien atau binatang yang memiliki penyakit yang sama, pengobatan sebelumnya, lingkungan geografis dan riwayat perjalanan, musim dan suhu lingkungan.

Infeksi enterovirus dapat dicurigai dengan adanya ruam kulit, gejala peradangan selaput jantung, otot jantung, atau selaput mata, dan penyakit tangan-kaki-mulut. Pada bayi, yang dapat dijumpai adalah bayi menjadi tidak aktif, rewel, muntah atau nafsu makan buruk, ubun-ubun menonjol, dan menangis dengan suara tinggi, ketidakstabilan suhu tubuh dan kesulitan bernapas.

Pemeriksaan yang harus dievaluasi adalah tanda neurologis fokal, tanda dari iritasi selaput meningens, penemuan gangguan umum, dan meningitis kronik. Pada meningitis kronis, ditemukan pembesaran kelenjar getah bening; pada funduskopi terlihat papiledema; tuberkuloma; meningismus; dan terdapatnya kelumpuhan saraf kranialis.

Presentasi yang tidak khas dapat terjadi pada orang tua dengan komorbid seperti kencing manis atau penyakit hati, dapat timbul lemas dan tidak terdapat tanda meningeal.  Begitu pula penderita dengan kekebalan tubuh yang rendah seperti penerima transplantasi organ, pasien dengan HIV-acquired immunodeficiency virus (AIDS), tidak terdapat gejala yang jelas seperti demam maupun tanda peradangan selaput otak.

Faktor epidemiologis dan risiko harus juga dikaji secara detail. Hal ini dapat memperkirakan agen etiologi secara spesifik. Bentuk pencegahan meningitis dipercaya dapat memperkecil komplikasi sehingga pengobatan meningitis lebih tepat.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...