MENINGITIS

Penyebab Meningitis

Penyebab meningitis adalah infeksi baik bakteri, virus, jamur maupun parasit. Meningitis dapat pula disebabkan oleh cedera fisik, kanker, iritasi kimia, dan lainnya. Penyebab paling sering dari peradangan selaput meningens adalah infeksi bakteri atau virus. Organisme tersebut masuk ke meningens melalui aliran darah dari bagian lain tubuh. Pada kebanyakan kasus, meningitis bakterial berlokasi di bagian belakang dari otak seperti halnya penyakit jamur dan tuberkulosis.

Meningitis bakteri biasanya berat, dapat menyebabkan komplikasi meningitis yang serius seperti kerusakan otak, hilangnya pendengaran atau ketidakmampuan belajar. Bakteri yang dapat menyebabkan meningitis diantaranya Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniae, Streptococcus grup B, Listeria monocytogenes dan Neisseria meningitidis.

Kelompok Usia Bakteri Penyebab
Bayi baru lahir Streptococcus Grup b, Escherichia coli, Listeria monocytogenes
Bayi dan anak Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae type b
Remaja dan dewasa muda Neisseria meningitidis, Streptococcus pneumoniae
Dewasa Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Listeria monocytogenes

Tabel. Penyebab meningitis bakteri sesuai kelompok umur

Meningitis bakteri merupakan peradangan piogenik pada selaput meningens dan cairan serebrospinal pada rongga subarakhnoid. Bila tidak diobati, maka meningitis bakteri akan berkembang menjadi gangguan jangka panjang atau kematian. Sebelum era antibiotik, meningitis bakteri bersifat fatal, tetapi dengan adanya terapi antibakteri, kematian akibat penyakit ini menurun. Infeksi spesifik yang dapat mencetuskan meningitis bakteri beragam berdasarkan usia dan peradangan, seperti ventrikulitis, empiema, serebritis, dan bentukan abses.

Virus yang umum menjadi penyebab meningitis di Amerika Serikat adalah non-polio enterovirus, virus mumps, virus herpes, virus campak, virus influenza, dan arbovirus. Meningitis jamur jarang dan biasanya merupakan hasil penyebaran jamur dalam darah ke tulang belakang. Semua orang dapat terinfeksi meningitis jamur, tetapi risiko terbesar adalah orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti penderita HIV atau kanker. Pada stage ini pengobatan meningitis lebih kompleks. Jamur yang biasa menyebabkan meningitis pada orang dengan daya tahan tubuh rendah adalah Cryptococcus. Primary amebic meningoencephalitis adalah bentuk meningitis parasit yang sangat jarang namun berakibat fatal disebabkan oleh Naegleria fowleri.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...