MENINGITIS

Komplikasi Meningitis

Pada komplikasi meningitis bakteri yang berat atau kejadian penyakit yang cepat, tingkat kematian tinggi mencapai 90%. Bila dapat bertahan dengan terapi atau pengobatan meningitis yang baik, maka gangguan jangka panjang dapat saja terjadi di antaranya ketulian, kejang, kelumpuhan atau kebutaan. Pada kasus yang tidak begitu berat dari meningitis bakteri kematian dapat saja terjadi sebesar 25%. Dampak jangka panjang juga dapat terjadi. Dapat saja terjadi perpanjangan masa perawatan dan rehabilitasi. Pada penderita meningitis virus, pemulihan penuh memerlukan waktu tujuh hingga sepuluh hari.

Seperempat dari penderita penyakit mengitis bakteri, meningococcal disease memiliki komplikasi meningitis. Keberatan komplikasi berbeda pada setiap penderita, komplikasi ini dapat bersifat sementara maupun permanen. Komplikasi lebih banyak terjadi pada meningitis bakteri, diantaranya hilangnya pendengaran, hilangnya pendengaran merupakan komplikasi yang biasa terjadi pada meningitis, selain itu dapat terjadi masalah ingatan dan konsentrasi, masalah koordinasi gerak dan keseimbangan tubuh, kesulitan belajar dan masalah kepribadian, epilepsi, cerebral palsy, gangguan berbicara, dan hilangnya penglihatan.

Bila bakteri masuk ke peredaran darah, maka racun yang dihasilkan bakteri akan merusak jaringan sehat. Bila kerusakan jaringan rusak berat, maka jaringan akan mati dan menjadi gangren. Gangren jaringan memerlukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkannya. Pada kasus berat, dapat saja diperlukan amputasi pada jari ataupun ekstremitas, tangan atau kaki.

Selain komplikasi fisik, komplikasi meningitis secara psikis dapat pula terjadi. Perawatan yang panjang di unit intensif dapat menyebabkan pasien menjadi depresi. Masalah psikologis yang biasa terjadi adalah kecemasan, gangguan tidur, mimpi buruk, perubahan mood, lebih sensitif, putus asa, takut pada petugas medis dan masalah kepribadian lainnya. Tentu saja hal ini harus pula diterapi oleh ahlinya. Pengobatan meningitis sejak dini dengan mengetahui penyebab meningitis dan gejala meningitis, komplikasi penyakit ini dapat diperkecil faktor risikonya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...