LUPUS

Penyebab lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) masih belum dapat ditemukan hingga saat ini, walaupun banyak penelitian dan teori yang mencoba menjelaskan penyebab ini. Saat ini, diduga penyebab lupus adalah merupakan hasil kombinasi dari interaksi kombinasi genetik yang bermasalah disertai rangsangan dari lingkungan yang menyebabkan respon tidak normal dari sistem pertahanan tubuh. Hasil kombinasi ini berbeda dari satu pasien ke pasien lainnya.

Untuk diketahui, pertahanan tubuh merupakan sistem yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri, virus, jamur ataupun benda asing lainnya. Pada kasus penyakit ini, timbul respon atau gejala lupus yang tidak normal, sehingga yang diserang adalah sel tubuh yang sehat. Respon sistem pertahanan tubuh yang tidak normal ini termasuk:

  1. Lebih mudah aktifnya sistem pertahanan tubuh tidak spesifik, yang biasanya digunakan tubuh untuk merespon pada bakteri atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Peningkatan aktivasi dari respon imunitas yang spesifik.
  3. Gangguan dari pengaturan terhadap sel-sel pertahanan tubuh.
  4. Berkurangnya proses pembersihan dari kompleks imun dan sel pembunuh zat asing.
  5. Terganggunya proses penghentian sistem imun setelah selesai bekerja.

Bagaimana respon tubuh tidak normal ini bisa terpicu? Respon tubuh ini mengenali zat asing hasil produksi tubuh sendiri yang timbul karena gangguan genetik. Gangguan genetik yang terletak luas dan di banyak tempat di dalam DNA ini menyebabkan terbentuknya zat produksi tubuh yang ditandai sebagai zat asing, sehingga terus menstimulasi sistem pertahanan tubuh. Gangguan genetik pada penyakit lupus (SLE) ini jarang sekali disebabkan oleh satu jenis gangguan genetik saja, namun merupakan hasil kombinasi berbagai macam gangguan genetik. Berbagai macam gangguan genetik ini kemudian menjadi salah satu penyebab lupus karena mempengaruhi berbagai macam bagian pertahanan tubuh sehingga memicu reaksi imunitas dan radang luas.

Kemudian mengapa wanita lebih mudah terkena SLE dibanding pria? Penyebab lupus yang lebih sering menyerang wanita adalah karena adanya pengaruh hormon, gangguan genetik pada kromosom X (wanita memiliki dua kromosom yakni XX, sementara pria memiliki kromosom XY) dan perbedaan bagaimana sistem imunitas dirangsang. Wanita memiliki antibodi yang lebih tinggi dibanding pria. Kemudian ditemukan juga wanita yang menggunakan kontrasepsi dengan pil KB berisikan estrogen memiliki peningkatan risiko menderita penyakit lupus karena merangsang sel-sel limfosit untuk terus aktif. Ditemukan juga kelainan genetik yang menjadi salah satu penyebab lupus, yang terikat pada kromosom X, yang membuat risiko SLE menjadi aktif semakin tinggi.

Faktor lain yang memicu penyebab lupus (SLE) adalah faktor lingkungan. Merokok dan paparan pada cahaya ultraviolet diduga memicu SLE. Untuk itu pencegahan lupus yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari sinar matahari terlalu sering dan berhenti merokok. Selama 40 tahun terakhir, diduga juga adanya infeksi Epstein-Barr Virus (EBV) memicu timbulnya lupus (SLE). Hal ini karena ditemukannya imunitas yang cukup tinggi pada pasien odapus terhadap EBV dibanding pada pasien normal serta ditemukannya kemiripan antara molekul virus dan molekul zat asing produksi tubuh. Saat ini, diduga penyebab lupus adalah akibat dari kombinasi faktor genetik, lingkungan dan hormonal yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...