LUPUS

Pencegahan Lupus

Belum ditemukan metode pencegahan lupus (SLE). Hal ini disebabkan karena lupus (SLE) merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat pertahanan tubuh sendiri dengan mekanisme yang belum jelas diketahui. Bahkan remisi utuh jarang dijumpai. Dokter umumnya akan mengusahakan sebisa mungkin menginduksi remisi dan meningkatkan kondisi pasien sampai level tertentu dan mencegah gangguan organ. Meski demikian, penderita lupus (SLE) pada umumnya akan mengalami sebagian efek samping dari pengobatan. Yang dapat diusahakan dalam pencegahan lupus adalah pencegahan komplikasi lupus (SLE) itu sendiri. Pencegahan komplikasi ini adalah dengan memaksimalkan terapi dengan pengobatan lupus yang ada, berdasar pada gejala yang ada dengan tujuan menekan kegagalan organ semaksimal mungkin. Semakin besar risiko kegagalan organ, maka semakin agresif terapi yang diberikan. Yang bisa dilakukan penderita lupus (odapus) adalah mematuhi terapi itu, melakukan kontrol teratur dengan harapan dapat mengendalikan gejala dan mengendalikan komplikasi yang terjadi.

Selain mengetahui penyebab lupus, pencegahan lupus juga dapat dilakukan dengan:

      berhenti merokok

      menerapkan pola hidup sehat

      melakukan diet nutrisi

      menghindari stress

      menggunakan tabir surya (sunblock) dan pakaian tertutup saat menghadapi paparan sinar matahari

Pencegahan lupus dapat dilakukan dengan mengenali gejala lupus yang tersebar di seluruh tubuh dengan baik. Jika tanda dan gejala lupus sudah terlihat, segera konsultasikan dengan dokter sebagai bentuk pencegahan lupus dini yang dapat dilakukan sebelum terlambat. Para dokter akan mengupayakan pengobatan lupus dalam bentuk yang dapat untuk mencegah komplikasi dari penyakit lupus (SLE) ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...