LUPUS

Komplikasi Lupus

Ada banyak komplikasi lupus yang harus diperhatikan. Satu dari tiga penderita lupus biasanya akan mengalami masalah serius ginjal yang disebut nefritis lupus, akibat dari inflamasi berkepanjangan pada ginjal. Kondisi ini umumnya muncul kurang lebih 5 tahun setelah diagnosis SLE. Gejala nefritis lupus ini antara lain : kaki bengkak, sakit kepala, darah di dalam air seni, dan sering merasa ingin buang air kecil. Nefritis lupus dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko pasien SLE untuk menderita penyakit kardiovaskuler. Padahal risiko penderita SLE untuk menderita penyakit kardiovaskuler sudah meningkat akibat perjalanan penyakitnya.

Dalam pengobatan lupus, penderita lupus (SLE) sering harus ditekan sistem pertahanan tubuhnya, yang membuat mereka mudah terkena infeksi. Pemberian vaksin sebagai pencegahan infeksi merupakan langkah yang disarankan, namun pemberian vaksin yang berisikan virus hidup yang dilemahkan sebaiknya dihindari. Karena terapi kortikosteroid memicu osteoporosis dini, maka strategi untuk menanggulangi osteoporosis perlu dimulai dini pula. Kontrol kondisi-kondisi yang memperberat risiko penyakit kardiovaskuler seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih, tekanan darah tinggi dan diabetes perlu dilakukan segera, agar mencegah komplikasi lanjutan.   

Pengobatan lupus yang khusus mungkin tidak dibutuhkan oleh penderita SLE dengan gejala ringan, tetapi mereka umumnya tetap memerlukan obat-obatan untuk menangani gejalanya.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Tsokos GC. Systemic lupus erythematosus. N Eng J Med. 2011; 365: 2110-21.
  2. National Health Service. Lupus: overview [Internet]. 2014 [dikutip pada tanggal 15 November 2015]. Tersedia dari: http://www.nhs.uk/conditions/Lupus/Pages/Introduction.aspx.
  3. Center for Disease Control and Prevention. Systemic lupus erythematosus [Internet]. 2014 [dikutip pada tanggal 15 November 2015]. Tersedia dari: http://www.cdc.gov/arthritis/basics/lupus.htm.
  4. Kasper DL, Hauser SL, Jameson JL, Fauci AS, Longo DL, Loscalzo J. Harrison’s principles of internal medicine. Edisi ke-19. New York: McGraw-Hill; 2015.
  5. Apostolopoulos D, Hoi AYB. Systemic lupus erythematosus: when to consider and management options. Aust Fam Physician. 2013: 42; 696-700.
  6. Petri M, Orbai A-M, Alarcón GS, Gordon C, Merrill JT, Fortin PR, dkk. Derivation and validation of the systemic lupus international collaborating clinics classification criteria for systemic lupus erythematosus. Arthritis Rheum. 2012; 64: 2677–86.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...