LUPUS

Definisi

Lupus adalah sebuah istilah yang dikembangkan pada abad ke-19 untuk sebuah penyakit yang menjelaskan mengenai gambaran masalah di kulit. Namun dibutuhkan waktu satu abad kemudian untuk menyadari bahwa lupus tidak hanya terbatas pada kulit, namun menyebar ke semua organ. Kini, lupus dipakai sebagai bahasa awam untuk mewakili Systemic Lupus Erythematous (SLE), yang melibatkan semua organ tubuh akibat tergangggunya sistem pertahanan tubuh. Penyebab lupus merupakan autoimun di mana sistem pertahanan tubuh membuat antibodi terhadap tubuh sendiri yang menyebabkan radang luas di seluruh tubuh dan kerusakan jaringan. Autoimun merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat membedakan sel tubuh sendiri dengan bakteri, zat asing atau virus sehingga menyerang tubuh sendiri.

Gejala lupus memiliki berbagai macam derajat dan sangat mengganggu kehidupan penderita (odapus) sehari-hari, walau dengan gejala ringan. Walau demikian, terdapat juga penderita yang tanpa gejala, namun mendadak kambuh dengan episode berat. Dalam hal ini, pencegahan lupus menjadi penting. Fokus pembahasan penyakit lupus pada artikel ini adalah membahas Systemic Lupus Erythematous (SLE).

Siapa yang Berisiko Menderita Lupus (SLE)?

Walau sampai saat ini belum jelas diketahui bagaimana lupus (SLE) bisa terjadi, namun terdapat beberapa kecenderungan seseorang dapat menjadi penderita lupus (odapus). Odapus dapat memeriksakaan diri pada dokter spesialis rheumatology. Lupus (SLE) umumnya merupakan penyakit pada wanita muda. Dari setiap 4 hingga 12 perempuan yang terkena penyakit ini, hanya ada 1 laki-laki yang positif mengidap lupus. Penyakit ini dapat dijumpai dari segala usia, namun jumlah kejadian tertinggi ditemukan pada wanita usia produktif. Ditemukan juga bahwa ras berkulit hitam lebih banyak menderita penyakit autoimun ini dibandingkan ras berkulit putih. Orang dengan riwayat keluarga dengan penyakit autoimun juga memiliki peningkatan risiko, namun begitu juga pada kasus lupus (SLE) yang timbul sporadik. Kasus penyakit autoimun lainnya, semisal radang kelenjar thyroid (thyroiditis), anemia hemolitik, dan idiopathic thrombocytopenic purpura juga dapat ditemukan kasus yang sama. Untuk hal ini, diperlukan pengobatan lupus yang lebih terarah untuk menghindari komplikasi lupus yang dapat terjadi.

Angka kejadian lupus SLE di Amerika Serikat menyebutkan 90% dari odapus adalah wanita, melibatkan semua ras, dengan kejadian tertinggi ditemukan di wanita keturunan Afrika-Amerika dan Afrika-Karibia. Kejadian terendah ditemukan di pria ras kulit putih. Data di Australia menunjukkan bahwa penyakit lupus lebih sering dijumpai dan memiliki gejala lebih berat pada keturunan asli Australia dan keturunan dari Asia Tenggara. Sedangkan untuk di Indonesia, tidak dapat ditemukan data mengenai perkembangan penyakit tersebut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...