KEPUTIHAN

Penyebab Keputihan

Kembali pada keputihan akibat infeksi, berikut merupakan uraian infeksi apa saja yang menjadi penyebab keputihan abnormal dengan gejala dan karakteristik dari keputihannya:

  1. Vaginosis Bakterial: Penyebab keputihan ini adalah pertumbuhan bakteri yang merupakan flora normal dalam vagina secara tidak seimbang. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan sabun cuci kewanitaan yang berlebihan sehingga sejumlah besar bakteri baik dalam vagina terbasmi dan mengakibatkan satu kelompok bakteri tumbuh secara berlebihan. Bakteri yang biasa menyebabkan vaginosis ini adalah Gardnerella vaginalis.
  2. Kandidiasis vaginalis: Penyebab keputihan ini adalah akibat pertumbuhan jamur berlebih di daerah vagina. Hal ini biasanya diakibatkan oleh penggunaan antibiotik berlebihan atau penggunaan sabun pembersih kewanitaan berlebihan. Karakteristik keputihan pada infeksi jamur ini adalah keputihan yang bergumpal seperti susu basi, berwarna putih, dan disertai rasa gatal yang dominan.
  3. Trikomoniasis: Salah satu infeksi menular seksual yang menimbulkan keputihan pada perempuan. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Trichomonas vaginalis. Keputihan khas pada trikomoniasis berwarna kehijauan dan berbau busuk.
  4. Gonore: Gonore merupakan infeksi menular seksual dengan salah satu gejalanya berupa keputihan disertai rasa panas, perih di sekitar vagina, dan dapat juga disertai gejala infeksi saluran kemih.
  5. Klamidia: Klamidia merupakan infeksi menular seksual yang biasanya tidak bergejala, tetapi dapat menimbulkan keputihan pada perempuan.

Lalu mengapa seseorang dapat terserang infeksi sehingga mengalami keputihan? Siapa saja yang rentan mengalami keputihan patologis (abnormal) ini? Berikut beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami keputihan akibat infeksi kuman:

  1. Status kekebalan tubuh yang menurun

Turunnya imunitas (kekebalan tubuh) pada seseorang dapat diakibatkan oleh penyakit yang dialami (misanya human immunodeficiency virus [HIV], diabetes melitus), konsumsi obat penekan imunitas dalam jangka panjang (penggunaan steroid untuk terapi alergi), atau kehamilan.

  1. Penggunaan pembersih kewanitaan atau melakukan bilas vagina

Kedua kebiasaan ini dapat mengakibatkan keseimbangan flora normal (kuman yang sewajarnya ada di dalam organ kewanitaan) terganggu. Hal ini dapat menimbulkan pertumbuhan abnormal dari satu jenis bakteri atau berkembangnya jamur di organ kewanitaan.

Memiliki lebih dari satu pasangan seks (terutama meningkatkan risiko infeksi menular seksual). Penyebab keputihan yang satu ini jika diminimalisir dapat mencegah komplikasi keputihan, begitu pula dengan mengenali gejala keputihan sebagai bentuk pencegahan keputihan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...