KEPUTIHAN

Pengobatan Keputihan

Setelah mengetahui pemeriksaan apa saja yang mungkin dilakukan pada kasus keputihan, kapankah tepatnya kita benar-benar harus memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami keputihan? Apabila Anda memiliki keputihan disertai salah satu tanda berikut, maka segeralah temui dokter anda sebagai bentuk pengobatan keputihan:

  • Keputihan tampak seperti ciri keputihan akibat infeksi yang telah diuraikan di atas
  • Karakteristik keputihan dirasakan tidak normal
  • Terdapat gejala keputihan penyerta berupa nyeri, rasa panas seperti terbakar, atau gatal di kemaluan yang mengganggu.

Bila gejala keputihan yang Anda rasakan normal, tidak berwarna maupun berbau yang mencurigakan, apalagi segera berhenti dalam waktu dekat, maka Anda boleh lebih tenang karena kemungkinan besar keputihan yang Anda alami adalah keputihan fisiologis, dan tidak diperlukan pengobatan keputihan. Namun, jika tidak segera berhenti dalam kurun waktu lebih dari 1 minggu, Anda boleh turut memeriksakan diri untuk memastikan penyebab keputihan yang anda alami.

Pengobatan keputihan akibat infeksi pada dasarnya adalah dengan melakukan pencegahan keputihan seperti yang sudah dibahas di sini. Pengobatan keputihan yang utama adalah dengan membasmi kuman atau jamur penyebab infeksi. Jika organisme penyebabnya sudah dibasmi, keputihan akan berangsur-angsur berhenti. Pada golongan infeksi menular seksual, yang perlu diperhatikan adalah semua pasangan seks juga harus diobati di waktu yang sama untuk menghindari penulurana bolak-balik antar pasangan. Pengobatan keputihan dapat dilakukan dengan cara memberikan antibiotik maupun antijamur baik yang berbentuk obat minum maupun kapsul berbentuk peluru yang dimasukkan ke vagina. Pada vaginosis bakterial dan trikomoniasis, pemilihan antibiotiknya berupa metronidazol, tinidazol, dan klindamisin. Pada keputihan akibat gonore, pemilihan antibiotiknya berupa cefixime atau ceftriaxone suntik. Klamidia dapat diobati denga antibiotik minum seperti azitromisin atau doksisiklin. Infeksi jamur biasanya diobati dengan kapsul vaginal berisi nistatin. Agar teratasi hingga tuntas, pengobatan harus sesuai dengan dosis dan cara pemakaiannya. Untuk itu, meskipun karakteristik keputihan Anda cukup jelas untuk menerka penyebab keputihan yang anda alami, kunjungilah dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Setelah pengobatan selesai, hendaknya kita berkunjung ke dokter sekali lagi untuk memastikan infeksi sudah teratasi, serta bila memungkinkan dilakukan pemeriksaan dengan cocor bebek sekali lagi untuk memastikan benar-benar tidak ada keputihan yang tersisa. Pembilasan vagina tidak disarankan dilakukan untuk mengatasi keputihan, karena pada dasarnya keputihan merupakan usaha tubuh membersihkan liang vagina dari sel mati maupun kuman-kuman yang ada di dalamnya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...