KEPUTIHAN

Komplikasi Keputihan

Sesungguhnya, pemberian antibiotik maupun antijamur sangat efektif untuk mengatasi keputihan akibat infeksi. Akan tetapi, bila infeksi tidak teratasi (misalnya karena terlambat berobat, pengobatan yang tidak tuntas, maupun infeksi ulang akibat pasangan seks tidak diobati bersama), akan timbul berbagai komplikasi keputihan sebagai berikut:

  1. Penyebaran infeksi ke daerah organ kewanitaan lain

Sebut saja infeksi mulanya berasal dari dinding vagina. Bila infeksi belum diatasi, maka infeksi dapat menyebar ke mulut rahim dan menyebabkan radang mulut rahim sehingga menimbulkan komplikasi keputihan.

  1. Infertilitas

Bila pengobatan keputihan tidak dilakukan, maka infeksi berlanjut lagi ke rahim, saluran telur atau mencapai indung telur hingga menimbulkan kemungkinan terjadinya infertilitas.

  1. Gagal ginjal

Pada kasus rembetan infeksi yang agak ekstreme, infeksi dapat menyebar ke ginjal hingga kemungkinan terburuknya dapat terjadi gagal ginjal.

  1. Penyakit radang panggul (pelvic inflammatory disease [PID])

Pada trikomoniasis dan klamidia, sering kali tejadi perluasan infeksi ke daerah panggul. Perluasan infeksi ini dikenal dengan nama penyakit radang panggul (PID). PID dapat menyebabkan kerusakan pada indung telur, saluran telur, dan struktur organ reproduksi lainnya. Kerusakan ini dapat mengakibatkan terjadinya nyeri panggul kronis, kehamilan ektopik, hingga infertilitas.

  1. Sepsis

Infeksi yang semakin meluas juga dapat menyebabkan infeksi seluruh tubuh apabila kuman berhasil masuk hingga sistem peredaran darah atau kelenjar getah bening.

  1. Bila perempuan dengan keputihan masih berhubungan seks dengan suami atau pasangan seks yang tidak sakit, mungkin akan terjadi penularan infeksi kepada pasangannya.
  2. Depresi dan masalah seksual

Karena keputihan akibat infeksi biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada daerah kewanitaan, beberapa perempuan akan merasa malu, menyalahkan diri sendiri dan berujung pada depresi. Masalah seksual juga dapat terjadi akibat depresi maupun hilangnya minat pasangan akibat adanya keputihan maupun bau tidak sedap yang biasa menyertai adanya keputihan ini.

Oleh karena itu, setiap keputihan patologis hendaknya diobati hingga tuntas sebagai bentuk pencegahan keputihan dan dengan mengenali gejala keputihan, perluasan infeksi dapat dihindari.

Daftar Pustaka

  1. Stopller MC. Vaginal Discharge [Internet]. 2015 [dikutip pada tanggal 24 November 2015]. Tersedia dari: http://www.emedicinehealth.com/vaginal_discharge/article_em.htm.
  2. Pagano T. Vaginal Discharge [Internet]. 2014 [dikutip pada tanggal 24 November 2015]. Tersedia dari: http://www.webmd.com/women/guide/vaginal-discharge-whats-abnormal.
  3. McKinley Health Center. Vaginal Discharge [Internet]. 2008 [dikutip pada tanggal 24 November 2015]. Tersedia dari: http://www.mckinley.illinois.edu/handouts/vaginal_discharge.html.
  4. National Health Service. Vaginal Discharge [Internet]. 2014 [dikutip pada tanggal 24 November 2015]. Tersedia dari: http://www.nhs.uk/Conditions/vaginal-discharge/Pages/Introduction.aspx.
  5. Storck S. Vaginal Discharge [Internet]. 2015 [dikutip pada tanggal 24 November 2015]. Tersedia dari: https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003158.htm.
  6. Sherrard J, Donders G, White D, Jensen JS. 2011 European (IUSTI/WHO) guideline on the management of vaginal discharge. Int J STD AIDS. 2011; 22: 421-9.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...