KANKER

Pengobatan Kanker

Diagnosis kanker dengan benar merupakan hal yang penting untuk pengobatan kanker yang efektif dan adekuat, karena setiap jenis kanker memerlukan pengobatan kanker yang khusus atau spesifik. Hal itu dapat dicapai dengan keterbukaan antara dokter dengan pasien lewat anamnesa yang menanyakan tentang gejala kanker yang ditemukan berdasarkan keluhan, riwayat penyakit, riwayat sosial, riwayat pekerjaan dan sebagainya. Hal tersebut ditunjang juga melalui pemeriksaan fisik, foto rongent, laboratorium, dan tumor marker yang dilakukan oleh dokter sehingga didapatkan diagnosis yang benar untuk pengobatan penyakit kanker Anda.

Tumor marker adalah substansi yang dapat di deteksi dan jumlahnya lebih tinggi dari normal di serum atau cairan darah, air seni, dan jaringan tubuh pasien yang memiliki kanker. Tumor marker diproduksi oleh sel kanker itu sendiri atau dari respon tubuh terhadap kanker tersebut.

Beberapa contoh tumor marker dan kegunaannya adalah:

  • Prostat-specific antigen (PSA) untuk mendeteksi kanker prostat
  • Carcinoembryonic antigen untuk mendeteksi kanker kolon-rektum, payudara, dan kanker yang rekuren (muncul kembali)
  • Alpha-fetoprotein untuk mendeteksi kanker hari
  • Cancer antigen 19-9 untuk mendeteksi kanker pankreas
  • Cancer antigen 27-29 dan cancer antigen 15-3 untuk mendeteksi kanker payudara.

Modalitas pengobatan kanker dapat satu atau lebih terapi, seperti pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi. Tujuan utama pengobatan tersebut adalah untuk menyembuhkan kanker atau memperpanjang usia, bentuk pencegahan kanker agar tidak berujung pada komplikasi kanker. Meningkatkan kualitas hidup pasien juga merupakan tujuan yang penting. Hal tersebut dapat dicapai dengan perawatan suportif atau paliatif dan dukungan psikologis.

Terapi radiasi (radioterapi, penyinaran) adalah penggunaan ionizing radiasi untuk membunuh sel tumor yang ada di dalam tubuh yang diketahui juga sebagai salah satu penyebab kanker. Terapi radiasi ini dapat dilakukan  melalui pancaran sinar di luar tubuh. Kemoterapi adalah terapi dengan menggunakan obat-obatan untuk tumor atau obat anti kanker yang dapat merusak sel-sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut. Beberapa pengobatan kanker adalah dengan melibatkan terapi hormon, biologis, atau transplantasi stem cell (transplantasi sel puncak).

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...