KANKER

Definisi

Setiap tahunnya, Hari Kanker Sedunia diperingati pada tanggal 4 Februari, dan Hari Kanker Anak Internasional pada tanggal 15 Februari. Momen ini lebih dari sekedar peringatan karena merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengenalan penyakit ini. Memperingati hari peringatan sedunia tahun 2015, Union for International Cancer Control (UICC) mengangkat tema “Not Beyond Us” yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai penyakit tersebut, serta menggerakkan pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk melakukan upaya pencegahan, deteksi dini dan pengobatan terhadap penyakit mematikan ini.

Kanker adalah penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak normal sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sedangkan, tumor adalah kondisi dimana pertumbuhan sel tidak normal sehingga membentuk suatu lesi atau dalam banyak kasus, benjolan di tubuh. Tumor terbagi menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak memiliki ciri-ciri, yaitu tumbuh secara terbatas, memiliki selubung, tidak menyebar dan bila dioperasi, dapat dikeluarkan secara utuh sehingga dapat sembuh sempurna. Sedangkan, tumor ganas memiliki ciri-ciri, yaitu dapat menyusup ke jaringan sekitarnya, dan sel penyakit ganas ini dapat ditemukan pada pertumbuhan tumor tersebut.

Bagaimana proses terjadinya penyakit ini?

Kanker dapat tumbuh dalam sel tubuh kita. Normalnya, tubuh kita membentuk sel yang baru sesuai kebutuhan kita, menggantikan sel tua yang sudah mati. Terkadang, proses ini tidak berlangsung baik. Sel yang baru tumbuh meskipun tubuh tidak memerlukan sel tersebut, dan sel tua tidak mati ketika seharusnya mereka sudah waktunya mati. Sel-sel yang berlebih ini dapat membentuk suatu massa yang disebut tumor. Tumor bisa jinak atau ganas. Sel dari tumor ganas dapat menyerang jaringan di dekatnya. Mereka juga dapat melepaskan diri dan menyebar ke bagian lain dari tubuh, yang disebut metastasis. Terdapat lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda. Sebagian besar penyakit ini diberi nama sesuai dari tempat mereka mulai tumbuh. Sebagai contoh, kanker paru-paru dimulai di paru-paru, kanker payudara dimulai pada payudara. Untuk penyebab kanker sendiri akan dibahas pada artikel ini. Baiknya bentuk pencegahan kanker yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui pula gejala kanker sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi kanker. Namun jika kanker sudah berkembang, pengobatan kanker yang tepat harus segera dilakukan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...