KANKER RAHIM

Pengobatan Kanker Rahim

Pengobatan kanker rahim berbeda-beda tergantung dari stadium dari penyakit dan membutuhkan keterlibatan dari berbagai aspek spesialisasi kedokteran, yakni onkologi ginekologi, onkologi radiasi, dan onkologi medis. Pengobatan dengan 5-fluorouracil (5-FU) melalui vagina diketahui merupakan pengobatan yang efektif pada kanker rahim stadium dua. Pada kanker stadium tiga, terapi bedah merupakan terapi pengobatan pilihan. Pada kasus dengan stadium yang lebih akhir, kombinasi antara radiasi dengan kemoterapi merupakan terapi standar yang dipergunakan hingga saat ini. Pada pasien dengan penyakit yang sudah menyebar hampir ke seluruh organ dalam tubuh (diseminata), kemoterapi atau radiasi hanya bersifat meringankan gejala kanker rahim.

Nutrisi yang baik sangat penting pada pasien dengan kanker rahim. Setiap usaha harus dilakukan untuk memberikan semangat dan memberikan makanan yang adekuat. Suplemen nutrisi sering kali dibutuhkan saat pasien memiliki penurunan berat badan signifikan ataupun tidak dapat menotleransi makanan dikarenakan rasa mual yang timbul akibat radiasi atau kemoterapi.

Pengamatan lanjut dilakukan setiap 3 bulan selama 2 tahun pertama, kemudian setiap 6 bulan sampai 5 tahun dan 1 tahun sekali setelahnya.

Pemeriksaan lanjut meliputi:

  • Wawancara dan pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan ginekologi
  • Foto toraks setiap 6 bulan dalam tahun pertama dan 1 tahun sekali sesudahnya
  • USG untuk memantau adanya kekambuhan di hati, ginjal, dan kelenjar getah bening
  • Bone scanning bila ada kecurigaan penyebaran ke tulang
  • Pemeriksaan laboratorium darah lengkap dan kimia darah pada 6 bulan pertama, dan setahun sesudahnya
  • Pemeriksaan laboratorium penanda tumor secara serial

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...