KANKER RAHIM

Komplikasi Kanker Rahim

Komplikasi kanker rahim juga dapat terjadi akibat pengobatan yang dilakukan, antara lain:

  • Komplikasi terkait radiasi: Selama terapi radiasi, efek samping saluran cerna yang dapat terjadi antara lain diare, kram perut, perasaan tidak nyaman pada anus, dan perdarahan. Radang pada ureter dan kandung kemih juga dapat terjadi dan menyebabkan terjadinya nyeri saat berkemih, peningkatan frekuensi berkemih, dan rasa ingin berkemih pada malam hari. Kebersihan kulit yang baik harus selalu terjaga, terutama pada bagian kemaluan dan anus. Losion dapat digunakan apabila kulit sekitar bagian kemaluan dan anus tampak kemerahan atau mengalami pengelupasan.
  • Komplikasi bedah: Komplikasi tersering dari pembedahan adalah disfungsi otot kandung kemih yang terjadi akibat hilangnya persarafan otot kandung kemih. Komplikasi lain antara lain vagina yang lebih pendek, perdarahan, infeksi, dan sumbatan usus. Prosedur tambahan (misalnya, nefrostomi) dapat dilakukan pada pasien dengan komplikasi-komplikasi ini untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...