KANKER RAHIM

Definisi

Kanker rahim atau kanker serviks (leher rahim) adalah suatu keganasan yang berasal dari sel leher rahim. Kanker sendiri adalah pertumbuhan sel yang tidak normal, terus menerus, dan tidak terkendali. Pertumbuhan kanker dapat merusak jaringan sekitarnya dan dapat menjalar ke tempat yang jauh dari asalnya (metastasis). Sel kanker bersifat ganas dan dapat berasal dari setiap jenis sel di tubuh manusia. Sedangkan leher rahim adalah bagian terendah dari rahim yang terdapat pada puncak liang senggama (vagina) yang hanya dapat dilihat dengan alat spekulum (alat yang berbentuk seperti mulut bebek).

Kanker yang menyerang leher rahim ini adalah kanker terbanyak ketiga pada wanita di seluruh dunia dan tetap merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Namun, di Amerika Serikat, kanker ini relatif tidak sering ditemukan. Penurunan ini dipengaruhi oleh program skrining masyarakat dengan tes pap (Pap smear) sehingga dapat dilakukan deteksi dan pengobatan secara dini.

Kanker yang menyerang leher rahim ini merupakan kanker yang terbanyak pada perempuan di Indonesia selain kanker payudara. Provinsi kepulauan Riau, provinsi Maluku Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki prevalensi kanker rahim tertinggi di Indonesia, yaitu sebesar 1,5  kasus per seribu populasi. Menurut suatu penelitian epidemiologis, diketahui bahwa jenis kanker terbanyak di Rumah Sakit Kanker Dharmais selama tahun 2010-2013 adalah kanker payudara, rahim, paru, ovarium, rektum, tiroid, usus besar, hati, dan nasofaring. Jumlah kasus baru dan jumlah kematian akibat kanker tersebut terus meningkat.

Penyebab kanker rahim adalah akibat infeksi human papillomavirus virus (HPV). Virus ini berperan terhadap kejadian kanker rahim sehingga pemeriksaan HPV termasuk dalam program skrining kanker rahim pada wanita berusia 30-65 tahun. Namun, wanita yang memiliki gejala kanker rahim, hasil tes skrining abnormal, atau lesi kasar dari rahim sebaiknya dievaluasi lanjut dengan kolposkopi dan biopsi sebagai bentuk pencegahan kanker rahim. Dengan melakukan pengobatan kanker rahim sejak dini, komplikasi kanker rahim dapat segera dicegah.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...