KANKER KULIT

Tanda & Gejala Kanker Kulit

Diagnosis dini dengan mengetahui gejala kanker kulit merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itu, berikut ini akan diuraikan beberapa patokan yang penting untuk dipakai sebagai pegangan agar apabila melihat pertumbuhan di kulit, timbul rasa curiga terhadap pertumbuhan ganas. Gejala kanker kulit ini patut dicurigai sebagai bentuk pencegahan kanker kulit:

  • Rasa gatal/nyeri
  • Perubahan warna kulit (gelap, pucat, terang)
  • Terdapat benjolan dan lihat apakah ukurannya membesar
  • Permukaan kulit tidak rata
  • Pernah terjadi trauma pada kulit sebelumnya
  • Terdapat ulserasi atau infeksi yang susah sembuh

Jenis kanker kulit sangat beragam. Berikut ini akan dibahas tiga jenis kanker kulit yang paling sering ditemukan di dunia, yaitu:

1. Karsinoma Sel Basal (KSB)

Tumor ini umumnya ditemukan di daerah berambut, bersifat invasif, dan jarang bermetastasis. Tumor ini dapat merusak jaringan di sekitarnya, malah dapat sampai ke tulang, serta cenderung untuk residif (kambuh), terutama apabila pengobatannya tidak adekuat. Perlu pengobatan kanker kulit yang lebih spesifik untuk mencegah komplikasi kanker kulit. Bentuk klinis KSB yang sering ditemukan di antaranya:

  • Tipe Nodul: KSB tipe nodul merupakan jenis yang paling banyak dijumpai. Penyebab kanker kulit ini umumnya dikarenakan oleh lesi (jaringan yang tidak normal) biasanya tampak sebagai lesi tunggal. Lokasi KSB tipe nodular paling sering adalah wajah terutama pipi, dahi, dan tepi kelopak mata. Gambaran awal pada kulit berupa papul (benjolan yang berdiameter lebih kecil dari ½ cm dan padat), transparan seperti mutiara, dengan tepi meninggi.
  • Tipe Morfea: Gambaran klinisnya sama dengan tipe nodular. Gejala kanker kulit jenis ini lesi kulit menjadi berwarna coklat atau hitam berbintik-bintik atau homogen.
  • Tipe Superfisial: Lokasi KSB tipe superfisial biasanya terdapat pada kepala dan leher. Lesi tampak sebagai plak sklerotik (area dari jaringan parut) yang cekung, berwarna putih kekuningan dengan batas tidak jelas.

2. Karsinoma Sel Skuamosa (KSS): Kasus KSS yang paling sering terdapat pada umur 40-50 tahun dan lebih sering ditemukan pada pria dibandingkan wanita. Lokasi tersering adalah pada kaki. Tumor ini tumbuh lambat, merusak jaringan setempat dengan kecil kemungkinan bermetastasis. Sebaliknya, tumor ini dapat pula tumbuh cepat, merusak jaringan disekitarnya dan bermetastasis jauh.

3. Melanoma Maligna: Bentuk dini sangat sulit dibedakan dengan tumor lainnya. Karena melanoma maligna merupakan penyakit yang fatal bila telah metastasis jauh, maka kemampuan untuk mengenali keganasan perlu diperdalam. Penyakit ini sering banyak terjadi pada daerah kaki kemudian disusul pada daerah badan, kepala/leher, tangan, dan kuku. Terdapat 3 bentuk klinis:

  1. Bentuk superfisial, berupa bercak-bercak berukuran 1-3 cm dengan berbagai warna yaitu kehitaman, kecoklatan, putih atau biru, batas tegas dengan sedikit penonjolan di permukaan kulit.
  2. Bentuk nodul, berupa benjolan hitam kebiruan, batas tegas.
  3. Bentuk lentigo, berupa benjolan berbatas tegas, warna coklat kehitaman tidak homogen, dan dapat berkembang menjadi benjolan kehitaman yang invasif.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...