KANKER KULIT

 Pencegahan Kanker Kulit

Pencegahan kanker kulit ini dapat dilakukan untuk menghindari komplikasi kanker kulit yang dapat terjadi. Berikut bentuk pencegahan kanker kulit yang dapat dilakukan:

1. Penghindaran paparan sinar matahari langsung

Hindari paparan sinar matahari terutama pada siang hari (11.00-15.00), karena pada jam tersebut matahari biasanya memancarkan sinar yang lebih kuat dari jam-jam lainnya. Salah satu bentuk pencegahan kanker kulit yang paling mudah dilakukan.

2. Pemberian nutrisi pada kulit

Kulit kering dan kusam adalah salah satu ciri dari kulit yang kurang sehat. Hati-hati bisa jadi penyebab kanker kulit. Namun, kulit kering dan kusam dapat dicegah dengan mudah. Kekurangan vitamin pada kulit juga akan mengurangi kerja kulit pada tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin D dan makanan yang kaya akan vitamin lainnya, seperti ikan salmon, susu, dan buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel, dan pepaya. Konsumsi suplemen nutrisi untuk kulit yang berasal bahan alami seperti sayuran dan buah juga dapat memelihara kesehatan kulit sehingga terhindar dari komplikasi kanker kulit.

3. Penggunaan losion tabir surya (sun protection factor [SPF])

Paparan matahari secara langsung dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit. Selain, itu sinar matahari dapat menipiskan kulit dan memicu lesi prakanker bagi kulit. Sebaiknya gunakan losion yang mengandung SPF sebelum terpapar sinar matahari. Pencegahan kanker kulit dengan kandungan SPF pada losion dapat melindungi kulit karena SPF mampu menyerap sinar UV matahari. Semakin tinggi kandungan SPF dalam losion, semakin besar perlindungan untuk kulit. Namun, penggunaan losion dengan SPF yang lebih tinggi tidak berarti akan memberikan perlindungan yang lebih lama. Sebaiknya gunakan losion SPF sesuai dengan kebutuhan kulit dan aktivitas setiap hari. Losion dengan kandungan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Gunakan lotion SPF sekitar 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan/terpapar sinar matahari. Lalu, ulanglah kembali setiap dua jam dan lebih sering lagi apabila Anda berenang atau berkeringat.

4. Berteduh

Carilah tempat yang rindang jika sedang beraktivitas di luar sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai tubuh dan kulit. Sebaiknya, kenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka. Sebagian besar orang menganggap penggunaan pakaian yang tipis dan pendek pada musim panas adalah hal yang tepat. Padahal, pada saat musim panas sinar matahari lebih menyengat dari biasanya. Pastikan lengan dan kaki tertutup. Jika tidak, sinar matahari dapat langsung membakar kulit tanpa disadari.

5. Gunakan kacamata hitam

Kulit yang berada pada sekitar daerah mata merupakan kulit yang cukup sensitif dan tipis. Oleh karena itu, melindungi mata dengan kacamata hitam dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

American Cancer Society merekomendasi dilakukannya screening sekali setiap tiga tahun untuk orang yang berusia 20-40 tahun dan sekali setiap setahun untuk orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Kenali gejala kanker kulit yang sudah dibahas di sini untuk menghindari komplikasi. Pelajari pengobatan kanker kulit lebih lengkap di sini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...