KANKER KULIT

Komplikasi Kanker Kulit

Komplikasi kanker kulit dapat terjadi berupa:

  1. Rekurensi (kekambuhan)
  2. Peningkatan risiko terjadinya kanker kulit dengan tipe berbeda
  3. Kanker dapat menyebar hingga otot, saraf, dan organ dalam tubuh manusia

Menurut American Cancer Society, kekambuhan Karsinoma Sel Basa (KSB) dan Karsinoma Sel Skuamosa (KSS) berkemungkinan besar terjadi kembali dalam lima tahun pertama setelah pengobatan. Kekambuhan melanoma dapat terjadi kembali beberapa tahun setelah diberikan terapi. Kemungkinan terjadinya kekambuhan kanker kulit akan meningkat apabila riwayat kanker sebelumnya sangat berat dan menyebar. Apabila seseorang pernah mengalami kanker kulit, maka ia akan memiliki risiko tinggi mendapatkan kanker kulit pada lokasi lain. Pilihan pengobatan kekambuhan untuk KSB dan KSS bergantung pada kesehatan pasien, lokasi kanker itu terjadi, ukuran kanker tersebut, dan riwayat terapi kanker kulit sebelumnya. Pilihan pengobatan kanker kulit, lebih spesifik lagi kekambuhan melanoma tergantung lokasi kanker, kesehatan secara umum, dan riwayat terapi sebelumnya.

Apabila seseorang diduga memiliki risiko tinggi akan kekambuhan kanker kulit, maka ia akan membutuhkan pemeriksaan lanjutan teratur untuk memantau kondisi kesehatannya. Ia juga akan diberi tahu bagaimana cara untuk memeriksa kulitnya sendiri dan menilai adanya perubahan pada kulit atau pembesaran kelenjar getah bening. Namun, apabila ia tidak yakin dengan hasil pemeriksaan sendiri tersebut, maka ia diharapkan segera mencari pertolongan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Komplikasi kanker kulit yang dapat terjadi setelah pengobatan kanker kulit dapat berbeda-beda tergantung dari riwayat perjalanan pengobatan yang dijalani. Beberapa kejadian yang telah dilaporkan setelah dilakukan pengobatan kanker kulit, antara lain:

  1. Timbulnya jaringan parut
  2. Rasa nyeri
  3. Pembesaran kelenjar getah bening
  4. Masalah emosional dan psikologis, seperti depresi dan cemas
  5. Efek samping jangka panjang dari pengobatan

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...