KANKER KULIT

Definisi

Sebelum membahas kanker kulit, ada baiknya untuk tahu tentang kulit itu terlebih dahulu. Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh dan organ terbesar pada manusia. Kulit berperan penting dalam melindungi tubuh terhadap kuman dan kehilangan cairan yang berlebihan. Fungsi kulit lainnya adalah sebagai isolasi, pengaturan suhu, sensasi, dan sintesis vitamin D.

Kanker kulit adalah penyakit di mana kulit kehilangan kemampuannya untuk regenerasi dan tumbuh secara normal. Sel-sel kulit yang sehat secara normal dapat membelah diri secara teratur untuk menggantikan sel-sel kulit mati dan menumbuhkan kulit baru. Sel-sel kulit yang abnormal dapat tumbuh di luar kontrol dan membentuk suatu massa yang disebut tumor. Tumor yang terdiri dari sel-sel ganas dikatakan sebagai kanker. Hal ini berarti bahwa mereka menyerang sel-sel “tetangganya” yang normal. Pertumbuhan sel ganas yang sangat cepat juga menjadi penyebab kanker ini karena mengambil oksigen dan nutrisi sel-sel normal untuk bertahan hidup. Sel ganas bermetastasis (penyebaran dari satu organ ke organ lain) melalui pembuluh darah atau pembuluh getah bening.

Kulit pada dasarnya memiliki tiga jenis sel, yaitu sel basal, sel skuamosa, dan sel yang mengandung pigmen yang disebut melanosit. Oleh karena itu, jenis kanker ini terdiri dari tiga jenis yaitu kanker sel basal, skuamosa, dan melanoma. Di antara ketiga sel ini, kanker kulit melanoma adalah yang paling berbahaya dan juga dikenal sebagai melanoma ganas. Kanker sel basal sejauh ini adalah yang paling umum dan mencakup 90% dari semua kasus kanker kulit. Pencegahan kanker kulit seperti menghindari paparan langsung sinar matahari dapat mengurangi risiko komplikasi kanker kulit jenis kanker sel basal. Sedangkan, jenis kanker yang mempunyai potensi metastatis tertinggi adalah melanoma. Kanker kulit biasanya terjadi pada usia 50-59 tahun. Terdapat kecenderungan bahwa risiko terkena kanker kulit akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini disebabkan karena semakin bertambah usia seseorang, paparan atau kontak langsung dengan sinar matahari juga akan semakin bertambah. Sementara itu, perbedaan antara wanita dan pria untuk kasus kanker kulit tidaklah bermakna.

Dewasa ini, jumlah kasus kanker kulit cenderung mengalami peningkatan, terutama di kawasan Amerika, Australia dan Inggris. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat sekitar dua juta kasus baru kanker kulit non-melanoma dan 132.000 kasus baru kanker kulit jenis melanoma setiap tahun di seluruh dunia. Kanker kulit, bersama dengan kanker serviks dan kanker payudara, termasuk dalam tiga serangkai keganasan yang umum ditemukan di Indonesia. Kenali gejala kanker kulit untuk mengetahui pengobatan kanker kulit yang tepat.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...