JANTUNG KORONER

Definisi

Sebelum mengetahui tentang penyakit jantung koroner, ketahui terlebih dahulu tentang sindrom koroner akut. Sindrom koroner akut (acute coronary syndrome/ACS) merupakan penyebab jantung koroner atau penyebab utama masalah kardiovaskuler di dunia. ACS adalah istilah yang digunakan pada kondisi penurunan aliran darah ke otot jantung secara tiba-tiba. ACS meliputi spektrum penyakit dari infark miokard akut (IMA) hingga angina tidak stabil (unstable angina). Semua penyakit tersebut menyebabkan angka perawatan rumah sakit dan angka kematian yang tinggi. Tedapat berbagai pengertian mengenai penyakit jantung koroner (PJK) itu sendiri, tetapi dapat disimpulkan bahwa penyakit ini adalah penyakit jantung yang menyerang pembuluh darah koroner akibat kondisi aterosklerosis.

Aterosklerosis (penebalan dinding pembuluh darah) jantung merupakan suatu proses kronis  yang menyebabkan sumbatan atau penyempitan pembuluh darah sebelum timbulnya gejala klinis. Kadar kolestrol yang tinggi, hipertensi dan diabetes merupakan sekian dari penyebab kerusakan pada sel endotel pembuluh darah. Kerusakan endotel pembuluh darah membuat makrofag menempel dan melakukan penetrasi ke dalam sel endotel. Tingginya kadar lemak jahat (LDL) yang juga masuk ke dalam pembuluh darah akan dimakan oleh makrofag yang kemudian menjadi sel busa (foam cell). Sel inilah yang kemudian akan menjadi plak aterosklerotik.

Perlukaan dinding pembuluh darah yang diisi plak dengan sumbatan kurang dari 50% lebih cenderung mengalami ruptur atau lepas dan berisiko menyumbat di tempat lain. Berbagai faktor juga berperan tehadap ruptur plak, antara lain disfungsi sel endotel, komponen lemak yang terdapat pada plak, derajat inflamasi lokal, tonus arteri pada daerah dengan plak yang ireguler, shear stress lokal, fungsi trombosit dan status sistem koagulasi. Sedangkan, faktor yang dapat mempresipitasi ruptur plak adalah variasi sirkadian tekanan darah, denyut jantung, stres emosional, dan latihan fisik. Namun tanda dan gejala jantung koroner mudah untuk dikategorikan sehingga bentuk pengobatan jantung koroner dapat segera dilakukan. Pengobatan sejak dini dapat mencegah terjadinya komplikasi jantung koroner. Yang terpenting adalah melakukan pencegahan jantung koroner agar terhindar dari risiko mematikan dari penyakit tersebut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...