INSOMNIA

Penyebab Insomnia

Menurut penelitian, terdapat beberapa golongan yang rentan mengalami penyakit insomnia, seperti orang tua, wanita, ibu hamil, orang dengan gangguan mental, orang dengan tingkat stres yang tinggi, orang dengan pekerjaan shift malam dan orang yang sering bepergian dengan jarak yang jauh atau jetlag. Orang tua dengan penyakit kronis tertentu lebih rentan untuk menderita insomnia, hingga komplikasi insomnia karena perubahan pola tidur yang berubah sesuai dengan bertambahnya usia. Wanita juga cenderung dua kali lebih rentan menderita insomnia dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini dihubungkan dengan penyebab insomnia itu sendiri, yakni tingkat kecemasan dan depresi pada wanita yang berbeda dengan pria. Populasi tingkat sosial ekonomi, seperti pengangguran atau tingkat pendidikan yang rendah cenderung lebih mudah menderita insomnia.

Insomnia Primer

Insomnia primer bukanlah suatu gejala insomnia atau efek samping yang disebabkan oleh penyakit lain yang mendasari. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan timbulnya insomnia primer, stres pada pekerjaan dan kehidupan sosial, pekerjaan dengan shift, depresi, kehilangan orang yang dicintai, kecemasan dan kekhawatiran berlebihan termasuk khawatir karena takut tidak mendapat waktu tidur yang cukup.

Insomnia Sekunder

Penyebab insomnia sekunder adalah karena adanya penyakit kronis yang mendasari, seperti asma, gagal jantung, hipertiroid, gangguan pencernaan,  stroke,  dan gangguan tidur lain. Selain itu, insomnia sekunder dapat pula disebabkan karena sedang dalam masa pengobatan penyakit, mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat asma atau pengontrol tekanan darah, dan pengobatan tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Bentuk pencegahan insomnia masih dapat dilakukan dengan mengenali gejalanya. Setelah itu bentuk pengobatan insomnia dapat dengan mudah dilakukan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...