INSOMNIA

Pencegahan Insomnia

Pencegahan insomnia berupa hal-hal yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum benar-benar menderita insomnia, dapat dilakukan pencegahan insomnia, seperti:

  • Menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan sedikit cahaya dengan ventilasi dan pertukaran udara yang baik.
  • Singkirkan barang-barang yang dapat mengganggu ketenangan Anda, seperti televisi, radio, stereo dan lainnya.
  • Jika dalam waktu 20-30 menit Anda tidak dapat tertidur, lakukanlah aktivitas yang membuat Anda rileks seperti membaca atau mendengarkan musik yang lembut di luar kamar tidur Anda dan kembali lagi saat Anda benar-benar mengantuk.
  • Pastikan Anda merasa nyaman dengan udara saat tidur karena udara yang panas dapat menyebabkan kekeringan mukosa hidung dan mengakibatkan tidur terganggu.
  • Gunakan penyumbat telinga dan penutup mata jika dirasa perlu.
  • Hindari minum air yang terlalu banyak sebelum tidur, berolahraga sebelum tidur, dan jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung nikotin dan kafein seperti kopi, minuman bersoda, dan lainnya serta tidak merokok sebelum tidur.
  • Usahakan selalu rileks saat bekerja di siang hari.
  • Bila pekerjaan Anda memiliki shift di malam hari, dan tidak dapat tidur di siang hari, ada baiknya jika Anda mengomunikasikan hal ini agar dapat merubah jam kerja Anda.

Dengan mengenali gejala insomnia dan mengerti cara pencegahan insomnia, maka diharapkan pengobatan insomnia dapat diminimalisir sehingga komplikasi insomnia tidak terjadi.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...