INSOMNIA

Definisi

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait dengan insomnia, simak yang berikut ini terlebih dahulu. Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia, di mana tidur merupakan cara untuk mengistirahatkan tubuh secera reguler setelah beraktivitas. Ilmuwan tidak tahu dengan pasti berapa lama manusia membutuhkan tidur. Rata-rata seseorang membutuhkan tidur selama 8 jam sehari, tetapi orang tua sering kali menghabiskan waktu tidur yang lebih sedikit. Umumnya orang dewasa membutuhkan tidur selama kurang lebih 8 jam, remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 10-11 jam, anak-anak membutuhkan tidur selama 10-12 jam, dan pada lanjut usia kebutuhan tidur makin berkurang, sekitar 7 jam pada usia 40-50 tahun. Tidur yang berkualitas mampu mengembalikan energi yang telah terpakai untuk beraktivitas.

Lalu bagaimana dengan mereka yang bermasalah dengan penyakit insomnia? Bagaimana dengan gejala insomnia? Apa saja penyebab insomnia? Simak ulasannya di sini.

Tidur merupakan periode istirahat bagi tubuh. Secara garis besar, tidur dibagi atas fase:

  • Rapid Eye Movement (REM) atau active sleep: Tidur REM lebih dangkal, ditandai dengan gerakan bola mata cepat di bawah kelopak mata yang tertutup. Pada waktu REM, orang tidak mendengkur, napas menjadi tak teratur, aliran darah ke otak bertambah dan suhu tubuh naik, disertai banyak gerakan tubuh.
  • Non-Rapid Eye Movement (NREM) atau quite sleep: Pada waktu tidur non-REM, gelombang otak menjadi semakin lambat dan teratur. Tidur semakin dalam dan pernapasan menjadi lambat dan teratur. Mendengkur terjadi pada waktu tidur NREM.

Pada manusia, tidur dibagi menjadi lima fase, yaitu:

  1. Tahapan terjaga

Fase ini disebut juga fase nol yang ditandai dengan keadaan tenang mata tertutup, berlangsung antara 5 sampai 10 menit.

  1. Fase 1

Fase ini merupakan fase perpindahan dari fase jaga ke fase tidur disebut juga twilight sensation, yang berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit.

  1. Fase 2

Fase ini berjalan relatif lebih lama daripada fase 1, yaitu antara 20 sampai 40 menit dan bervariasi pada setiap individu.

  1. Fase 3

Fase ini lebih lama pada dewasa tua, tetapi lebih singkat pada dewasa muda. Pada dewasa muda, setelah 5 – 10 menit fase 3 akan diikuti fase 4.

  1. Fase 4

Fase ini sering dinamakan fase REM yang biasanya berlangsung 10 –15 menit.

Dewasa sehat yang tidur akan masuk ke dalam fase 1, diikuti fase 2, 3 dan 4, dan kembali lagi ke fase 1. Setelah 2 periode, siklus itu akan lengkap setelah diikuti oleh periode REM antara 5 sampai 15 menit. Putaran akan berlangsung 4-5 kali dengan penambahan periode REM pada tahap berikutnya, disertai pengurangan periode NREM (terutama pada tingkat 3 dan 4). Pada orang yang tidur selama 8 jam, akan menjalani 2 jam tidur REM dan 6 jam tidur NREM. Pola tidur NREM dan REM terutama pada siklus 90 menit sama pada semua orang.

Namun, apakah yang akan terjadi bila seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau yang biasa dikenal dengan insomnia? Insomnia adalah suatu kedaan menetap yang ditandai dengan kesulitan memulai tidur selama lebih dari 30 menit, sering terbangun sepanjang malam, bangun sangat cepat tanpa ada keinginan untuk tidur kembali atau kombinasi dari berbagai gangguan tersebut. Insomnia biasanya diikuti dengan kelelahan pada siang hari, kurang bertenaga, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. Insomnia sering dihubungkan dengan gangguan pada kejiwaan seseorang atau penyakit medis lainnya dan hal tersebut termasuk ke dalam komplikasi insomnia sehingga diperlukan pengobatan insomnia dalam prosesnya. Bagaimana dengan bentuk pencegahan insomnia? Simak di sini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...