HIV AIDS

Pencegahan HIV AIDS

Untuk pencegahan HIV AIDS, tidak ada vaksin untuk mencegah infeksi HIV dan AIDS. Namun, kita harus dapat memproteksi diri dari infeksi virus tersebut dengan menghindari faktor risiko yang dapat menjadi penyebab HIV AIDS. Oleh karena itu, perlu diketahui siapa saja yang memiliki risiko terinfeksi dan bagaimana cara virus tersebut dapat menginfeksi. Selain itu pencegahan HIV AIDS yang terpenting adalah dengan tidak buta akan perkembangan dari kasus ini, seperti mengetahui gejala HIV AIDS, bentuk pengobatan HIV AIDS, dan komplikasi HIV AIDS yang mengancam keselamatan jiwa.

Dalam melakukan bentuk pencegahan HIV AIDS, ketahui informasi mengenai orang dengan faktor risiko paling tinggi. Orang yang memiliki risiko besar terinfeksi HIV adalah:

  • Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki- laki tanpa pengaman,
  • Wanita yang berhubungan seks tanpa kondom dengan laki-laki yang telah berhubungan seks dengan laki-laki tanpa pengaman,
  • Orang yang memakai jarum suntik terinfeksi,
  • Seseorang yang berhubungan seks tanpa kondom dengan seseorang pemakai jarum suntik terinfeksi,
  • Seseorang yang memiliki penyakit menular seks,
  • Orang yang mendapat transfusi darah dari negara-negara tertentu.

Pencegahan infeksi HIV adalah dengan melakukan seks yang aman (setia pada satu pasangan, dan lakukan seks setelah menikah, bila pasangan terdapat riwayat seks bebas tanpa pengaman atau penggunaan jarum suntik lakukan tes HIV) karena penularan yang paling banyak adalah melalui hubungan seks.

Selanjutnya, hindari pemakaian obat-obat terlarang, terutama menggunakan jarum suntik. Ibu hamil dengan HIV dapat memberikan virus kepada bayinya selama hamil, melahirkan atau menyusui. Obat anti-HIV yang dikonsumsi selama hamil akan mengurangi risiko lewatnya virus ke bayi. Walaupun jarang, HIV dapat menular melalui kontak dengan darah. Bila menemui seseorang dengan perdarahan, hindari kontak langsung dengan darah baik kulit, mata atau mulut. Dengan mengetahui bentuk pencegahan HIV AIDS, keganasan penyakit ini dapat dihindari.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...