HIV AIDS

Definisi

HIV AIDS atau Human Immunideficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah infeksi dari virus HIV yang merupakan mekanisme rumit hasil dari perusakan sistem imun. Penyakit HIV secara khas digambarkan dengan penurunan fungsi imun. Sel imun yang penting yang disebut sel T CD4+ tidak berfungsi dan dirusak. Sel ini yang disebut juga sel T helper memegang peranan penting pada respon imun yaitu dengan memberi sinyal ke sel pada sistem imun lainnya untuk menjalankan fungsi khususnya masing-masing. Penyebab HIV AIDS adalah infeksi dari virus HIV. Sedangkan untuk pencegahan HIV AIDS dibahas lebih lanjut di sini.

Orang sehat yang tidak terinfeksi memiliki sebanyak 800-1.200 sel T CD4+/mm3 darah dalam tubuh. Pada orang yang mengalami infeksi HIV, jumlah sel ini berkurang secara progresif. Bila sel ini berjumlah di bawah 200/mm3, maka para penderita rentan untuk mendapat infeksi oportunis dan keganasan, yang menandakan acquired immune deficiency syndrome (AIDS), tingkat akhir dari HIV atau komplikasi HIV AIDS.

Seseorang dengan AIDS sering menderita infeksi organ, di antaranya saluran cerna, saluran napas, otak, mata dan organ lain. Penderita mengalami penurunan berat badan, diare, keganasan, dan lainnya. Di Amerika Serikat, AIDS saat ini merupakan penyebab kematian kedua pada penduduk usia antara 25-44 tahun. Di seluruh dunia, diperkirakan sebanyak 30,6 juta orang hidup dengan HIV/AIDS pada tahun 1997, di mana setiap tahun meningkat 40 juta sejak tahun 2000.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada tahun 2009 infeksi HIV terdapat pada 40 negara bagian di Amerika dan dilaporkan sebanyak 17,4 dari 100.000 populasi. Antara tahun 2006-2009, diperkirakan jumlah infeksi stabil. Pada tahun 2009, diperkirakan terdapat 11,2 dari 100.000 populasi didiagnosis AIDS. Antara tahun 1981- 1008, terdapat satu juta orang didiagnosis AIDS dan lebih dari 600.000 orang meninggal karena AIDS.

Suatu studi pada satu komunitas homoseksual, mencatat sebanyak 44% di antaranya memiliki status HIV yang positif. Tingkat positif yang tinggi dikaitkan dengan usia muda, kulit hitam dan memiliki pendidikan yang lebih rendah. Di seluruh dunia, pada tahun 2008 terdapat 33,4 juta orang terinfeksi HIV. Antara tahun 2004-2006, prevalensi infeksi HIV di Asia Tengah, Asia Timur dan Eropa Timur meningkat 21%. Pada periode ini, infeksi HIV usia 15-64 tahun meningkat 70% di Asia Tengah dan Eropa Timur.

Selain angka infeksi yang meningkat, angka kematian juga meningkat. Tercatat di Afrika Selatan, negara dengan tingkat prevalensi tertinggi, kematian akibat HIV meningkat 79% anatara tahun 1997-2004.

Infeksi HIV juga mengakibatkan meningkatnya infeksi lain yang disebut ko-infeksi dengan HIV, yang paling banyak adalah peningkatan aktivasi kembali tuberkulosis dengan peningkatan keparahannya juga begitu juga dengan infeksi oportunis lain.

Di Amerika Serikat, infeksi HIV paling banyak pada kulit hitam dan hispanik. Hal ini dikaitkan dengan faktor sosioekonomi dan predisposisi genetik. Infeksi HIV banyak terjadi pada laki- laki. Pada heteroseksual, perempuan lebih dapat ditularkan HIV dari laki- laki terinfeksi dibanding sebaliknya. Proporsi yang banyak adalah pada kontak homoseksual dengan atau tanpa penggunaan jarum suntik. Pada laki- laki infeksi HIV dapat saja dari hubungan seksual terutama sesama jenis, penggunaan jarum suntik bersamaan, kontaminasi produk darah yang terkontaminasi.

Dewasa muda memiliki risiko besar terinfeksi, melalui aktivitas yang berisiko tinggi seperti hubungan seks tidak aman dan penggunaan jarum suntik. Anak-anak dapat terinfeksi dengan transmisi melalui plasenta atau menyusui. Salah satu bentuk pencegahan dan pengobatan HIV AIDS adalah dengan mengenali gejala HIV AIDS dengan baik serta menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan faktor risiko terkena penyakit tersebut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...