HIPERTENSI

Tanda & Gejala Hipertensi

Tidak ada gejala khusus yang menandai hipertensi. Sebagian besar pasien menderita hipertensi tanpa menyadari gejala hipertensi sama sekali. Di Inggris, terdapat 5 juta orang yang tidak menyadari dirinya memiliki tekanan darah tinggi walaupun kondisi ini menyerang kurang lebih 1 dari 4 orang dewasa. Penyakit hipertensi umumnya merupakan  penyakit tanpa gejala, kecuali pada kondisi gawat darurat akibat tekanan darah yang terlalu tinggi yang dikenal sebagai krisis hipertensi.

Gejala hipertensi yang ditemukan adalah adanya peningkatan tekanan darah saat dilakukan pengukuran tekanan darah. Pada pasien dengan tekanan darah normal, disarankan pemeriksaan tekanan darah ini dilakukan minimal setiap 2 tahun sekali. Pada pasien dengan kelainan pada tekanan darah, pemeriksaan ini akan dipersingkat waktunya, sesuai dengan kondisi pasien. Langkah ini sederhana tetapi dapat menyelamatkan diri Anda dan salah satu bentuk pencegahan hipertensi.

Kapan seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi? Joint National Commitee 7 mengeluarkan rekomendasi sebagai berikut untuk menilai kapan seseorang terkena tekanan darah tinggi pada pasien berusia ≥18 tahun (Tabel 1).

Tabel 1. Klasifikasi tekanan darah untuk dewasa2

Kriteria Tekanan Darah Sistolik (mmHg) Tekanan Darah Diastolik (mmHg)
Normal <120 dan <80
Prehipertensi 120-139 atau 80-89
Hipertensi derajat 1 140-159 atau 90-99
Hipertensi derajat 2 ≥160 atau ≥ 100

Bila dari tiga kali pengukuran tekanan darah, ditemukan sebanyak 2 kali nilai tekanan yang memenuhi kriteria diagnosis seperti yang dijelaskan di atas, maka seseorang dapat dikatakan menderita hipertensi. Pengukuran dilakukan pada posisi penderita duduk dan kondisi santai, di mana posisi adalah duduk, kaki diletakkan di lantai dengan tangan setinggi jantung. Konsumsi kopi dan alkohol, olahraga berat, dan merokok dihentikan 30 menit sebelum pengukuran.

Prehipertensi bukanlah kategori penyakit, melainkan merupakan sebuah penempatan yang dipilih untuk menentukan orang-orang yang dalam risiko menderita hipertensi di masa depan. Pengelompokan ini digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan pasien dan dokter yang merawat untuk segera melakukan intervensi agar peningkatan tekanan darah lebih jauh dapat dicegah. Kelompok orang prehipertensi ini bukanlah kandidat untuk memperoleh obat penurun tekanan darah, melainkan perlu penataan ulang gaya hidup untuk mengurangi risiko menderita hipertensi di masa depan. Terlebih lagi, pasien prehipertensi yang turut menderita diabetes atau gangguan ginjal, dapat dipertimbangkan untuk diberikan terapi obat bila perubahan gaya hidup gagal menurunkan tekanan darah mereka. Cegah hipertensi dengan mengetahui penyebab hipertensi sehingga pengobatan hipertensi dapat dilakukan tanpa mengubahnya ke arah komplikasi hipertensi.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...