HIPERTENSI

Penyebab Hipertensi

Penyebab hipertensi adalah akibat faktor genetik, faktor lingkungan, dan kemungkinan penyakit penyerta yang memicu hipertensi. Faktor genetik ini umumnya diwariskan, menyebabkan hipertensi pada usia lebih muda (umumnya sebelum 55 tahun) dan menyebabkan seseorang lebih mungkin 3,8 kali menderita hipertensi dibandingkan kelompok lain tanpa riwayat hipertensi d alam keluarga.

Walaupun demikian, studi kondisi sosial pada pasien menunjukkan bahwa faktor lingkungan berperan dalam penyebab hipertensi. Obesitas dan peningkatan berat badan merupakan faktor risiko independen untuk penyakit hipertensi. Lebih dari 20% penderita hipertensi memiliki berat badan berlebih. Artinya, semakin tinggi berat badan seseorang, semakin tinggi risiko menderita hipertensi. Pada populasi umum, ditemukan juga bahwa hipertensi berhubungan dengan konsumsi garam dan peningkatan tekanan darah sesuai usia dapat dipengaruhi  oleh konsumsi garam sehari-hari. Konsumsi alkohol, stres psikososial, dan gaya hidup dengan aktivitas fisik yang kurang juga berkontribusi pada hipertensi juga menjadi beberapa penyebab hipertensi. Pada dasarnya, 90% kasus hipertensi tidak dapat diketahui penyebabnya. Namun, seseorang akan lebih mudah terkena tekanan darah tinggi bila memiliki kondisi di bawah ini:

  1. Usia: seiring dengan bertambahnya usia, tekanan darah ikut meningkat
  2. Riwayat keluarga menderita tekanan darah tinggi
  3. Berasal dari Afrika atau Karibia
  4. Konsumsi garam berlebih di dalam makanan
  5. Kurang aktivitas fisik
  6. Kondisi tubuh kelebihan berat badan
  7. Merokok
  8. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar

Semua orang yang menderita hipertensi biasanya dicari tahu terlebih dahulu apakah ada kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan hipertensinya. Gejala hipertensi juga diketahui sejak dini sehingga bentuk pencegahan hipertensi dapat dilakukan. Tekanan darah tinggi yang muncul akibat kondisi medis lain disebut hipertensi sekunder, di mana kejadian ini hanya terjadi pada 10% kasus hipertensi. Contoh penyebab hipertensi sekunder adalah:

  1. Penyakit ginjal kronis
  2. Diabetes
  3. Penyempitan arteri yang menjadi suplai ginjal
  4. Sindrom Cushing
  5. Lupus
  6. Penggunaan pil kontrasepsi
  7. Penggunaan obat antiradang nonsteroid, seperti ibuprofen
  8. Penggunaan obat-obat terlarang seperti kokain, amfetamin dan kristal metamfetamin
  9. Penggunaan obat-obatan herbal

Apabila penyakit yang menyebabkan hipertensi sekunder ini dapat ditemukan, maka pengobatan hipertensi pun kemudian akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasari tersebut sehingga kecil kemungkinan terjadinya komplikasi hipertensi. Pada penderita hipertensi, penyebabnya bukanlah hanya satu faktor utama, tetapi merupakan penggabungan berbagai macam faktor, dengan mayoritas faktor tersebut dapat dimodifikasi.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...