HIPERTENSI

Pencegahan Hipertensi

Bentuk pencegahan hipertensi adalah melakukan perubahan gaya hidup. Sedangkan untuk pengobatan hipertensi, cara yang dapat dilakukan juga sama. Pencegahan hipertensi ini terdengar mudah, walaupun sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan. Perubahan gaya hidup ini juga merupakan langkah yang dilakukan bila pasien menderita tekanan darah tinggi. Bila mengingat dengan penyebab hipertensi yang telah dibahas di sini, maka pengobatan yang efektif adalah dengan melakukan pencegahan hipertensi. Terkadang, hanya dengan perubahan gaya hidup saja, tekanan darah dapat segera dikendalikan sehingga tidak perlu diberikan obat-obatan. Bila pada akhirnya diberikan obat-obatan, maka perubahan gaya hidup tetap merupakan langkah pendamping dalam mengatasi tekanan darah tinggi karena perubahan gaya hidup dapat mengurangi jumlah obat yang harus diminum.

  • Langkah pertama melakukan pencegahan hipertensi adalah dengan mengubah pola makan dengan diet yang sehat. Lakukan diet DASH. DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, sebuah cara diet untuk menghentikan hipertensi. DASH mempromosikan makanan yang rendah lemak, tinggi serat dari buah dan sayur serta tinggi produk susu rendah lemak. Semua komponen makanan ada di dalamnya, tetapi daging merah, makanan dan minuman manis dan lemak menjadi komponen kecil di dalamnya. Untuk membantu memantau diet, dapat dilakukan pencatatan konsumsi makanan lalu dievaluasi berikutnya. Makanan yang dikonsumsi pun sebaiknya rendah garam. Cara mengurangi konsumsi garam adalah dengan meningkatkan penggunaan bumbu-bumbu agar kebutuhan untuk meningkatkan rasa dengan garam dapat berkurang. Kurangi juga konsumsi alkohol.
  • Langkah kedua adalah dengan bergerak lebih aktif. Aktivitas yang dibutuhkan hanyalah aktivitas dengan intensitas sedang selama 30 menit tiap hari. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan sepert berjalan cepat, bermain olahraga bola sebanyak 45-60 menit, naik turun tangga, dan bersepeda. Bahkan, bila berolahraga menjadi tantangan, maka lakukan kegiatan sehari-hari dengan cara yang lebih aktif, misalnya naik tangga, mengambil jalan yang lebih jauh ketika berjalan ke tempat tujuan dan memarkir mobil atau motor lebih jauh.

Kedua langkah di atas umumnya memberikan keuntungan tambahan, yakni penurunan berat badan, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan sehingga komplikasi hipertensi tidak terjadi. Semua langkah di atas dapat membantu penurunan tekanan darah. Setiap penurunan berat badan 5 kg, diperkirakan akan ada penurunan tekanan darah sebanyak 2-10 mmHg. Perkiraan penurunan tekanan darah untuk setiap perubahan gaya hidup yang dilakukan dapat dilihat di Tabel 2.

Tabel 2. Penurunan tekanan darah sistolik melalui modifikasi gaya hidup

Modifikasi Rekomendasi Penurunan tekanan darah sistolik (rentang dalam mmHg)
Mengadaptasi diet DASH Konsumsi makanan tinggi serat, banyak buah dan sayur, kurangi daging merah dan lemak. 8-14 mmHg
Penurunan berat badan Menjaga berat badan agar tetap ideal dan menurunkan berat badan berlebih 5-20 mmHg setiap penurunan 10 kg
Pengurangan konsumsi garam Konsumsi garam tidak lebih dari 2,4 gram per hari (kurang dari 1 sendok teh) 2-8 mmHg
Mengendalikan konsumsi alkohol Konsumsi tidak lebih dari jumlah yang direkomendasikan untuk setiap jenis minuman 2-4 mmHg
Aktivitas fisik Meningkatkan aktivitas fisik setidaknya minimal 30 menit per hari 4-9 mmHg

Angka penurunan tekanan darah di atas hanyalah perkiraan dan dapat lebih tinggi, efek ini bervariasi pada setiap individu. Oleh karena itu tetap kenali gejala hipertensi agar pengobatan hipertensi yang lebih efektif dapat dilakukan sejak dini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...