HIPERTENSI

Definisi

Hipertensi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk kondisi meningkatnya tekanan darah di atas level optimal. Di masyarakat, hipertensi kerap disebut sebagai penyakit darah tinggi. Diperkirakan pada tahun 2001, terdapat 7,6 juta kematian di seluruh dunia akibat penyakit ini. Hipertensi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal dan penyakit pembuluh darah tepi sebanyak dua kali lipat. Hingga saat ini, penyakit ini merupakan salah satu dari kontributor terbesar dari kematian dan kesakitan, yang dapat dicegah. Penyakit ini juga tetap menjadi salah satu penyebab utama stroke dan penyakit jantung koroner. Penyebab hipertensi sendiri adalah meningkatnya tekanan darah tinggi.

Di Amerika Serikat, menurut studi National Health and Nutrition Examination Survey, diperkirakan sekitar 30% orang dewasa memiliki hipertensi. Definisinya dalam studi ini adalah bila seseorang memiliki tekanan darah sistolik ≥140 mmHg, tekanan darah diastolik ≥90 mmHg atau sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi. Angka ini terus meningkat seiring bertambahnya usia. Pada kelompok usia ≥60 tahun, angka kejadian hipertensi adalah sekitar 65,4%. Di Amerika Serikat, angka kejadian hipertensi terus meningkat, diduga seiring dengan bertambahnya penderita obesitas.

Di Indonesia, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2013, hipertensi ditemukan pada 25,8% penduduk Indonesia berusia di atas 18 tahun. Empat provinsi di Indonesia dengan populasi tertinggi dari penyakit ini adalah Bangka Belitung, Kalimatan Selatan, Kalimantan, Timur dan Jawa Barat. Penyakit ini juga banyak ditemukan pada kelompok populasi dengan tingkat pendidikan rendah, yang diduga kuat akibat ketidaktahuan mengenai pola makan yang sehat. Ketahui gejala hipertensi yang sudah dikupas melalui artikel ini. Dengan mengetahui gejalanya, bentuk pencegahan hipertensi dapat dilakukan sehingga komplikasi hipertensi tidak akan terjadi. Simak pula bentuk pengobatan hipertensi melalui artikel ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...