HERPES ZOSTER

Pengobatan Herpes Zoster

Sebelum membahas tentang pengobatan herpes zoster, ketahui pula bahwa pada umumnya herpes zoster dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, di mana kasusnya lebih ringan pada anak dibanding dengan dewasa. Terapi efektif sebagai bentuk pengobatan herpes hanya untuk mengurangi nyeri dan durasi dari gejala, namun gejala sisa berupa postherpetic neuralgia masih mungkin terjadi. Pilihan terapi tergantung pada kekebalan tubuh dan gejala klinis. Terapi mengurangi rasa nyeri dapat dilakukan dengan obat, kompres basah dan juga losion.

Pengobatan herpes zoster memberikan manfaat yang baik untuk penderita dengan gejala yang berat, risiko berkepanjangan, orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan di atas 50 tahun. Sedangkan manfaat pengobatan herpes yang berusia muda dan pada populasi yang sehat belum jelas.

Penderita herpes zoster yang sederhana tidak memerlukan rawat inap, keadaan yang memerlukan rawat inap bila terdapat gejala yang berat, daya tahan tubuh yang rendah, gejala tidak khas, keterlibatan lebih dari dua dermatom, superinfeksi bakteri yang signifikan, herpes zoster diseminata, keterlibatan mata maupun meningocephalopathic.

Dalam pengobatan herpes zoster, obat yang digunakan termasuk steroid, analgesik, antikonvulsan, dan antivirus. Perawatan bedah umumnya tidak diindikasikan untuk pengobatan dari herpes zoster, namun bila diperlukan untuk mengobati komplikasi tertentu (misalnya, necrotizing fasciitis). Rhizotomy (pemisahan bedah serat nyeri) dapat dipertimbangkan dalam kasus-kasus nyeri yang ekstrim.

Obat antivirus (asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) membantu mengurangi nyeri, mencegah komplikasi, memperpendek onset penyakit dan mengurangi kejadian postherpetic neuralgia. Obat ini dimulai dalam 72 jam sejak pertama merasakan nyeri. Paling baik dikonsumsi sebelum timbul lenting. Antiradang yang kuat, disebut kortikosteroid, digunakan untuk mengurangi radang dan nyeri. Obat- obatan lain yaitu antihistamin (untuk mengurangi gatal), antinyeri, dan krim antinyeri.

Selain obat- obatan, rawat juga kulit dengan kompres dingin dapat menjadi salah satu bentuk pengobatan herpes zoster untuk mengurangi nyeri dan juga mandi. Istirahat yang cukup juga diperlukan hingga tidak demam. Herpes zoster secara umum terjadi selama dua hingga enam minggu, kebanyakan orang hanya terkena satu kali kejadian herpes zoster, namun pada yang lain dapat lebih. Di masa sakit perlu menjaga jarak dengan orang lain, terutama ibu hamil karena cairan lenting dapat menularkan virus ke orang lain yang belum pernah terkena cacar air.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...