HERPES ZOSTER

Pencegahan Herpes Zoster

Bentuk pencegahan herpes zoster dilakukan apabila titer antibodi dan kekebalan spesifik varisela tidak efektif lagi dalam mencegah invasi virus. Bentuk pencegahan herpes yang diperlukan adalah vaksinasi. Di Amerika, vaksin varisela melindungi individu secara efektif hingga 99% yang rentan dari infeksi varisela. Pada perkembangannya, angka kejadian dari herpes zoster menurun 51,3% selama tiga tahun pada suatu studi.

Pencegahan herpes dan pengurangan risiko dari herpes zoster dan rasa sakit jangka panjang dari postherpetic neuralgia (PHN) adalah dengan vaksinasi. Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasi orang-orang usia di atas 60 tahun untuk mendapatkan vaksin herpes zoster. Risiko untuk infeksi herpes zoster meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada studi pencegahan herpes zoster, vaksinasi secara signifikan mengurangi penyakit pada usia 60 tahun dan lebih tua.

Vaksin herpes zoster disetujui FDA (Food and Drug Administration) untuk orang-orang usia di atas 50 tahun. Namun, CDC tidak merekomendasi penggunaan vaksin untuk usia 50-59 tahun. Pada dewasa di atas 60 tahun, efektivitas vaksin akan berkurang setelah lima tahun vaksinasi, sedangkan untuk usia 50-59 tahun belum ada studi yang menunjukkan efektivitasnya. Proteksi di atas lima tahun pada usia lebih dari 60 tahun tidak diketahui sehingga orang dewasa yang mendapat vaksin sebelum usia 60 tahun mungkin tidak terproteksi baik untuk infeksi maupun komplikasinya. Vaksin mengurangi kejadian herpes zoster sebanyak 61,1% dan kejadian postherpetic neuralgia sebanyak 66,5%.

Penggunaan vaksin dari virus varisela sebagai pencegahan herpes yang dilemahkan telah menurunkan kejadian infeksi primer infeksi varisela. Anak-anak yang divaksinasi menunjukkan tingkat herpes zoster lebih rendah dari mereka yang terinfeksi melalui paparan alami dari virus. Namun, efek dari vaksinasi masa anak-anak terhadap kejadian herpes zoster pada dewasa perlu penjelasan lanjut. Vaksin juga diberikan kepada mereka dengan daya tahan tubuh yang rendah dan kepada yang telah memiliki episode herpes zoster sebelumnya. Vaksin ini tidak diberikan pada pasien yang menerima pengobatan kortikosteroid jangka panjang dan pada pasien yang menerima kemoterapi atau terapi radiasi untuk keganasan darah dan tumor padat.

Pemberian imunoglobulin varicella-zoster adalah untuk mencegah atau memodifikasi klinis pada orang dengan paparan varicella-zoster atau herpes yang rentan atau dengan daya tahan tubuh yang lemah. Imunoglobulin varicella-zoster (VZIG) memberi manfaat maksimal bila diberi sesegera mungkin setelah diduga terpapar, tetapi dapat saja efektif jika diberikan hingga akhir 96 jam setelah paparan. Perlindungan setelah pemberian VZIG berlangsung selama rata-rata sekitar 3 minggu.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...