HERPES ZOSTER

Definisi

Herpes zoster adalah infeksi kulit oleh virus yang bersifat akut disebabkan oleh aktivasi kembali virus varicella-zoster, infeksi pada saraf dan kulit yang dipersarafi. Virus ini berdiam di badan saraf pada tulang belakang setelah paparan pertama virus yang timbul sebagai varicella atau biasa disebut cacar air atau chicken pox. Pada beberapa dekade setelahnya, virus ini dapat aktif dan menyebabkan herpes zoster. Herpes zoster ini timbul secara dermatomal dan menimbulkan nyeri yang biasanya dapat sembuh sendiri, tetapi dapat pula menjadi lebih serius. Nyeri setelah timbulnya herpes zoster disebut postherpetic neuralgia (PHN).

Penyakit ini timbul paling sering akibat kegagalan sistem kekebalan tubuh untuk melawan replikasi virus varicella-zoster. Faktor lain yang juga dapat mencetuskan timbulnya penyakit ini seperti radiasi, trauma fisik, obat-obatan tertentu, infeksi lain dan stres, tetapi belum dapat dipastikan. Mengapa antibodi dan sistem kekebalan tubuh terhadap virus varicellazoster tidak mencegah penyakit berulang seperti pada infeksi virus lain belum diketahui.

Pada kondisi sistem kekebalan tubuh yang baik, virus varicella-zoster jarang berkembang menjadi herpes zoster. Terjadinya penyakit ini berbanding terbalik dengan kapasitas respon imun tubuh penderita. Namun, banyak pasien dengan herpes zoster memiliki sistem imun yang normal. Saat titer antibodi terhadap virus dan imunitas seluler mengalami penurunan, maka tubuh tidak dapat lagi mencegah perkembangan virus ini secara efektif.

Seseorang dengan infeksi varicella sebelumnya berpotensi menjadi penyakit ini di segala usia. Insidennya meningkat sesuai dengan bertambahnya usia sebagai akibat dari penurunan sistem kekebalan tubuh. Prevalensi herpes zoster lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria. Angka kejadian herpes zoster meningkat dengan usia begitu pula dengan kejadian postherpetic neuralgia. Di Amerika Serikat, 95% orang dewasa memiliki antibodi terhadap virus varicella-zoster dimana 99,5% terdiri dari dewasa berusia lebih dari usia 40 tahun. Hal ini berarti mereka rentan terhadap reaktivasi infeksi. Hampir setiap satu dari tiga orang di Amerika Serikat akan mengalami penyakit ini.  Sekitar satu juta kasus herpes zoster terjadi setiap tahun di Amerika. Setengah dari kasus terjadi pada populasi berusia 60 tahun atau lebih.

Herpes zoster dapat saja hanya terjadi satu kali seumur hidup namun dapat pula lebih. Infeksi dapat berulang pada sekitar 4% dari penderita herpes zoster. Sementara itu, herpes zoster hampir terjadi secara khusus pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, yakni sekitar 25% pada pasien HIV dan 7-9% pada penerima transplantasi ginjal atau jantung.

Angka kejadian herpes zoster secara global belum dipelajari secara baik. Sebuah penelitian di Jerman, pada tahun 2010, menunjukkan bahwa angka kejadian herpes zoster tahunan rata-rata adalah 5,79 kasus per 1000 orang per tahun.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...