HERNIA

Definisi

Sebenarnya hernia adalah penyakit yang terjadi ketika ada organ di dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah ketika otot cukup kuat untuk menahan. Namun jika tidaku kuat, terjadilah penyakit hernia tersebut.

Apa itu hernia atau dalam istilah medis disebut dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP)? Sebelumnya ketahui terlebih dahulu tentang diskus intervertebralis. Diskus intervertebralis pada tubuh merupakan struktur tanpa pembuluh darah yang terbesar. Diskus intervertebralis berlokasi di ruang tulang belakang. Panjang dari diskus bertambah dari bagian pinggir ke bagian tengah, berbentuk bikonveks. Ligamen longitudinal mengikat badan tulang belakang ke diskus intervertebralis pada bagian depan dan belakang. Nukleus pulposus pada diskus tulang belakang terdiri dari anulus fibrosus.

Jika pada nukleus pulposus terjadi herniasi, maka nukleus dapat mengiritasi dan atau menekan akar saraf yang menyebabkan gejala. Herniasi diskus terjadi bila sebagian atau seluruh diskus keluar melalui bagian yang lemah dari diskus. Herniasi dapat disebabkan juga oleh trauma atau pada proses penyakit penuaan diskus. Herniasi nukleus pulposus paling sering dialami pada usia di bawah 40 tahun. Nyeri pinggang dirasakan akibat terperangkapnya akar saraf pada tulang belakang. Sekitar 90% nyeri pinggang disebabkan oleh herniasi dari nukleus pulposus, biasanya terjadi pada tingkat lumbal 5 atau sakral 1.

Karena hernia muncul di seluruh daerah abdomen (perut), maka berikut ini beberapa jenis hernia berdasarkan letaknya:

  1. Femoralis: hernia jenis ini terjadi ketika jaringan lemak atau sebagian usus mencuat ke selangkangan.

  1. Inguinalis: terjadi ketika sebagian usus menjulur dari perut bawah mencuat ke bagian selangkangan.

  1. Umbilikus: terjadi ketika bagian usus yang menjulur keluar abdomen mencuat di area dekat pusar.

  1. Insisi: terjadi ketika jaringan di abdomen yang mencuat pada luka yang belum sembuh bekas operasi.

  1. Hiatus: terjadi ketika pada bagian perut ada yang masuk melalui celah diafragma dan kemudian mencuat ke rongga dada.

  1. Spigelian: terjadi ketika sebagian usus dari abdomen menjulur hingga ke otot perut bagian samping dan kemudian mencuat di area dekat bagian bawah pusar.

  1. Epigastrik: terjadi ketika terdapat jaringan lemak mencuat keluar dari daerah abdomen di antara tulang dada bagian bawah dan pusar.

  1. Otot: hernia yang terjadi ketika sebagian otot mencuat pada bagian abdomen. Jenis yang satu ini sering diakibatkan oleh otot kaki yang terkena cedera saat berolahraga.
Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...