HAID TIDAK TERATUR

Tanda dan Gejala Haid Tidak Teratur

Tanda dan gejala haid tidak teratur yakni berupa perdarahan atau bercak darah ringan hingga berat di antara periode menstruasi normal. Pasien dapat mengalami atau tidak mengalami terjadinya kram atau nyeri pada perut yang disertai dengan perdarahan. Adanya keguguran atau kehamilan ektopik (luar kandungan) dapat menyebabkan terjadinya kram yang berat yang disertai dengan perdarahan. Tanda dan gejala haid tidak teratur lainnya yang mungkin terdapat adalah pembesaran tiroid, bintik-bintik perdarahan dan lebam pada kulit, serta kurang darah (anemia).

Berikut ini beberapa tanda dan gejala haid tidak teratur lainnya:

Penggunaan kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan terjadinya perdarahan (contoh, perdarahan yang disebabkan karena peningkatan progesteron) yang dapat sembuh dengan sendirinya ataupun dapat disembuhkan dengan terapi estrogen. Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) juga berhubungan dengan perdarahan abnormal yang disebabkan oleh peradangan lokal pada penggunaan AKDR yang mengandung hormon progestin.

Riwayat menstruasi sekarang

Penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan pola menstruasi pada setiap bulannya.

Riwayat menstruasi

Usia pada saat menarche (pertama kali menstruasi), frekuensi dan durasi siklus, dan adanya gejala yang terjadi saat menstruasi kali ini akan menentukan ada atau tidak adanya siklus ovulasi pada saat menstruasi. Menorrhagia atau perdarahan di antara siklus menstruasi sering kali merupakan tanda dari adanya penyebab organik dari perdarahan.

Riwayat pengobatan

Sebanyak 20% dari wanita yang mengalami menorrhagia memiliki kelainan perdarahan sebelumnya. Sebanyak 30% dari remaja yang memiliki gejala kehilangan darah berat memiliki kondisi koagulopati (kelainan pembekuan darah), seperti penyakit von Willebrand (kelainan faktor pembekuan darah), di mana terjadi disfungsi trombosit (segmen darah yang bertugas dalam proses pembekuan darah).

Riwayat konsumsi obat

Konsumsi jenis obat tertentu (seperti antikoagulan dan obat pengencer darah) sering kali berhubungan dengan perdarahan uterus abnormal. Obat-obatan psikotropik mungkin dapat menyebabkan terjadinya perdarahan uterus abnormal melalui peningkatan kadar hormon prolaktin dalam darah.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...