HAID TIDAK TERATUR

Penyebab Haid Tidak Teratur

Sebelum mengetahui tentang penyebab haid tidak teratur, sebenarnya pada banyak kasus, haid tidak teratur sering kali berhubungan dengan suatu kondisi yang disebut dengan anovulasi. Anovulasi berarti bahwa ovulasi tidak terjadi selama siklus mentruasi, biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang berat.

Terkadang penyebab haid tidak teratur adalah karena ketidakseimbangan hormonal ringan pula. Pasien dapat saja masih mengalami ovulasi, tetapi waktu terjadinya ovulasi dapat berbeda-beda setiap bulannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi medis dan pola hidup sehari-hari yang dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Beberapa faktor berikut ini menjadi penyebab haid tidak teratur:

Olahraga atau diet yang terlalu ekstrim

Olahraga yang terlalu berat dapat menyebabkan perubahan waktu terjadinya menstruasi dan terkadang malah menghentikan menstruasi. Sering kali seorang atlet mengalami haid tidak teratur. Pada seseorang yang mengalami underweight (berat badan terlalu rendah), baik karena diet, olahraga berat, kelainan pola makan, atau penyakit, dapat mengalami efek yang sama.

Stres

Stres kronis atau bahkan cemas karena masalah spesifik tertentu dapat merusak keseimbangan hormonal, menyebabkan terjadinya haid dan siklus yang tidak teratur.

Pil

Pil kontrasepsi dapat menyebabkan haid menjadi lebih ringan, atau dapat menyebabkan tidak teraturnya haid atau mendapatkan lebih jarang atau lebih sering terjadinya menstruasi – atau bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali.

Sindroma ovarium polikistik (SOPK)

Kondisi medis menjadi penyebab haid tidak teratur karena sindroma ini menyebabkan terbentuknya banyak kista kecil, yang dapat mengganggu ovulasi normal. Wanita dengan SOPK biasanya memiliki riwayat haid tidak teratur. Selain infertilitas (tidak subur), SOPK juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes (kencing manis) dan penyakit jantung.

Penyakit lainnya

Kelainan tiroid dapat menyebabkan haid tidak teratur apabila kadar tiroid dalam darah terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan siklus irreguler termasuk penyakit menular seksual, diabetes, kelainan pola makan, dan endometriosis.

Usia

Saat remaja pertama kali mendapatkan haid, siklus menstruasi tidak selalu memiliki waktu yang sama dalam tiap bulannya. Mungkin membutuhkan beberapa tahun untuk mendapatkan suatu pola menstruasi rutin. Selain itu, haid tidak teratur juga sering terjadi pada wanita mendekati usia menopause.

Dengan mempelajari penyebab haid tidak teratur, bentuk penanganan pun dapat dilakukan lebih dini sehingga tidak berujung kepada komplikasi yang mengancam tubuh.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...